CIMB Niaga Tahan Kenaikan Bunga Kredit

PT Bank CIMB Niaga Tbk. menyatakan masih belum menaikkan suku bunga kredit pada seluruh segmen bisnis pada awal tahun 2019.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 10 Mei 2019  |  13:49 WIB
CIMB Niaga Tahan Kenaikan Bunga Kredit
Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan (kiri) berpose bersama Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan (kanan) di sela pembukaan pameran perbankan ritel CIMB Niaga XTRA XPO di ICE BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (16/2 - 2019). - Bank CIMB Niaga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk. menyatakan masih belum menaikkan suku bunga kredit pada seluruh segmen bisnis pada awal tahun 2019. Menurut Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan kenaikan suku bunga kredit diharapkan tidak perlu lagi dilakukan dalam waktu dekat.

Pasalnya emiten bersandi BNGA tersebut telah menaikkan tingkat bunga kredit pada akhir tahun lalu seiring dengan naiknya suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate. 

"Kami berharap tidak perlu menaikkan bunga kredit lagi. Kami sudah melakukan penyesuaian suku bunga mayoritas pada kuartal IV 2018 yang lalu," katanya saat dihubungi Bisnis, belum lama ini. 

Adapun pada kuartal I/2019 CIMB Niaga sempat mencatatkan kenaikan beban bunga sebesar 12,18% yoy menjadi Rp2,21 triliun. 

"Kami monitor margin NIM sehingga mau tidak mau ya biaya bunga harus di pass on ke bunga kredit juga. Namun kami juga berfokus untuk sebisa mungkin menahan biaya bunga dengan fokus di CASA atau dana yang lebih murah," paparnya. 

Mengutip data di situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), suku bunga dasar kredit (SBDK) Bank CIMB Niaga saat ini sebesar 9,60% untuk kredit Korporasi, 10,70% untuk kredit ritel. Adapun untuk kredit konsumer yang terdiri dari kredit pemilikan rumah (KPR) dan nonKPR masing-masing sebesar 9,90% dan 10,25%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cimb niaga, bunga kredit

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top