Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Danamon Layani Segmen Syariah Lewat Berbagai Produk

PT Bank Danamon Indonesia Tbk., PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. dan PT Asuransi Adira Dinamika menggelar acara talkshow bertema Dinamika Layanan Finansial Syariah di Indonesia
Kantor Bank Danamon./JIBI-Dwi Prasetya
Kantor Bank Danamon./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA -  PT Bank Danamon Indonesia Tbk., PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. dan PT Asuransi Adira Dinamika menggelar acara talkshow bertema “Dinamika Layanan Finansial Syariah di Indonesia”. 

Hal ini dilakukan bersamaan dengan acara buka puasa bersama media, dihadiri oleh Direktur Syariah Bank Danamon, Herry Hykmanto, Direktur Keuangan Adira Finance, I Dewa Made Susila, serta Auralusia Rimadiana– Chief Sales and Distribution Officer Adira Insurance.

Hadir pula Dewan Pengawas Syariah dari Bank Danamon, dan Adira Finance dan Adira Insurance.

Herry mengatakan Bank Danamon, Adira Finance, dan Adira Insurance berkomitmen untuk menyediakan solusi bagi kebutuhan keuangan konsumen yang sesuai dengan prinsip syariah, sekaligus mendorong kemajuan perekonomian syariah di tanah air.

"Wujudnya adalah dengan terus menghadirkan produk dan layanan syariah yang inovatif dan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat dari keuangan berbasis syariah,” ujar Herry di Jakarta, Jumat (10/5/2019). 

Herry mengatakan Danamon terus berinovasi dalam menghadirkan produk keuangan berbasis syariah yang dapat membantu perencanaan keuangan masyarakat.

Salah satunya adalah produk Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah iB Akad Musyarakah Mutanaqisah atau MMQ, yaitu pembiayaan dengan skema kerja sama modal untuk pembelian properti. 

"Pendapatan atas kerja sama tersebut dibagihasilkan kepada nasabah dan digunakan untuk membeli porsi modal bank secara bertahap sesuai jangka waktu. Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah iB Akad MMQ ini dapat digunakan baik untuk pembelian Rumah/Apartemen baru, second, indent atau refinancing," ujar Herry.

Di akhir masa pembiayaan, porsi modal nasabah menjadi 100% sehingga properti menjadi milik nasabah sepenuhnya,” tambah Herry.

Produk pembiayaan pemilikan rumah syariah iB dengan akad MMQ tersebut sebenarnya sudah mulai diluncurkan pada Maret lalu di Kalimantan.

Namun dalam kesempatan kali ini, Danamon sekaligus melakukan peluncuran produk pembiayaan pemilikan rumah syariah akad MMQ.

"Seremoni sekaligus menandai bahwa produk ini tersedia di seluruh cabang-cabang Danamon," kata Herry. 

Adira Finance juga menyatakan komitmennya untuk memberikan produk pembiayaan syariah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satunya melalui produk paket perjalanan Umrah yaitu produk pembiayaan berdasarkan Prinsip Murabahah (Jual Beli). 

Produk ini dihadirkan melalui Adira Finance Syariah untuk menjawab kebutuhan akan perjalanan ibadah ke tanah suci. Tahun ini Adira Finance Syariah memberikan penawaran terbaru pada produk tersebut berupa pembiayaan paket perjalanan Umrah untuk karyawan perusahaan. 

“Dengan penawaran baru ini, kami harap dapat semakin memberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah Umrah, terutama bagi karyawan dari perusahaan yang bekerja sama,” ujar I Dewa Made.

Produk Syariah Umrah untuk karyawan perusahaan ini mulai ditawarkan pada Mei 2019.

Karyawan tetap (permanen) dari perusahaan memiliki kerja sama dengan Adira Finance Syariah, berhak mengajukan pembiayaan perjalanan ibadah Umrah. Syaratnya, karyawan tersebut telah bekerja minimal 2 tahun dan mendapatkan rekomendasi dari bagian personalia,

Karyawan tersebut akan mendapatkan keuntungan antara lain berangkat dulu cicil kemudian, uang muka (DP) yang terjangkau (10% dari harga paket Umrah), Rate khusus untuk karyawan perusahaan, tanpa jaminan, serta pembayaran melalui potong gaji.

Dalam menyambut bulan Ramadan, Adira Finance juga menawarkan program bertajuk SOBAT Lebaran, yakni kegiatan pameran dan customer gathering yang dilakukan oleh seluruh cabang Adira Finance di Indonesia.

Dalam program ini Adira Finance menawarkan multi produk Adira Finance (otomotif, elektronik, furniture, multiguna dan perjalanan Umrah). 

Program akan berlangsung hingga Juni 2019 dengan penawaran berbagai promo menarik seperti proses Instant Approval, Best Pricing (DP lebih ringan, suku bunga lebih murah, cashback dan potongan angsuran) serta hadiah langsung.

Sementara itu Adira Insurance berkomitmen memenuhi kebutuhan nasabah, dengan menghadirkan berbagai produk dan layanan. Salah satunya ‘Travellin Syariah’, yang merupakan asuransi perjalanan berbasis syariah untuk melindungi pelanggan selama perjalanan Umrah dan Haji. 

“Pelaksanaan ibadah haji maupun umrah selalu menjadi peluang bisnis bagi industri asuransi, terutama Adira Insurance Syariah. Pasalnya pemerintah mewajibkan setiap Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) untuk memiliki asuransi perjalanan yang dikelola dengan prinsip syariah,” ujar Auralusia Rimadiana atau yang akrab dipanggil Ima.

Travellin Syariah memberikan jaminan perlindungan kepada pelanggan yang ingin menunaikan ibadah umrah dan haji. Asuransi antara lain meliputi biaya perawatan medis, evakuasi medis darurat, repatriasi kematian, keterlambatan bagasi, kehilangan/kerusakan bagasi, kehilangan barang pribadi dan dokumen perjalanan.

Perlindungan juga meliputi travel inconvenience seperti pembatalan perjalanan, perubahan perjalanan, penundaan perjalanan sampai keterlambatan pemberangkatan.

“Keunggulan utama dari Travellin Syariah adalah kami memberikan pembayaran klaim secara cashless. Sehingga pelanggan saat melakukan ibadahnya tidak perlu merasa khawatir," kata Ima. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper