Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri Incar Biayai Proyek Kilang Minyak Pertamina

Bank Mandiri berencana memacu penyaluran kredit korporasi lewat skema sindikasi khususnya untuk segmen infrastruktur. Salah satu proyek yang diincar untuk dibiayai adalah pembangunan kilang minyak Pertamina.
Bank Mandiri
Bank Mandiri

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. berencana memacu penyaluran kredit korporasi lewat skema sindikasi khususnya untuk segmen infrastruktur. Salah satu proyek yang diincar untuk dibiayai adalah pembangunan kilang minyak Pertamina.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar menyatakan bahwa bank pelat merah tersebut mengincar sejumlah proyek termasuk kilang minyak Pertamina yang diperkirakan membutuhkan dana hampir Rp30 triliun—Rp40 triliun.  Porsi minimum yang akan diambil Bank Mandiri berkisar 10%—15% dari tiap nilai proyek.  

Selain itu, Bank Mandiri juga memiliki pipeline sindikasi untuk pembiayaan belanja modal sejumlah perusahaan pelat merah, salah satunya Telkomsel. "Saya kurang ingat pasti angkanya tapi mungkin butuh setidaknya lebih dari Rp10 triliun, Mandiri mungkin ikut Rp2 triliun. Penandatanganan kerja samanya dalam waktu dekat," ujarnya, belum lama ini.

Adapun, kredit sindikasi terbaru yang diberikan Bank Mandiri yakni ke PT PLN (Persero). Pada pekan terakhir April lalu, emiten bersandi BMRI ini bersama enam lembaga keuangan lain melakukan penandatangan perjanjian pendanaan investask senilai total Rp16,75 triliun. Dana sindikasi bertenor 10 tahun tersebut akan digunakan PLN untuk modal membangun gardu induk dan transmisi dalam mendukung program 35 GW. 

"[Porsi kredit] Bank Mandiri lumayan besar, sekitar 20%. Kreditnya belum ditarik untuk capex tahun ini," kata Royke.  

Selain itu, perseroan juga akan membuka peluang untuk ikut membiayai proyek- proyek infrastruktur seperti jalan tol, termasuk tol Sumatra yang dikerjakan oleh badan usaha pelat merah. Adapun untuk proyek bandara dan pelabuhan, kata Royke, mayoritas sudah selesai.  

"Kalau jalan tol masih banyak seperti di Kalimantan. Belum lagi kalau nanti pemerintah mau bangun memindahkan ibukota, ini tentunya akan bagus untuk mendorong ekonomi. Saya ingin [kredit sindikasi] Bank Mandiri jadi nomor 1 seperti tahun lalu, kalau kuartal awal 2019 angka bookingnya belum banyak," paparnya. 

Gencarnya pembangunan proyek infrastruktur pemerintah mengerek kredit sindikasi BMRI hingga tumbuh dua digit pada kuartal I/2019. 

Berdasarkan data laporan keuangan per Maret 2019, kredit sindikasi yang disalurkan perseroan tumbuh 37,6% year on year (YoY). Hingga Maret 2019, Bank Mandiri telah menyalurkan kredit sindikasi sebesar Rp66,7 triliun, tumbuh 37,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Rohan Hafas Corporate Secretary Bank Mandiri menyatakan kredit sindikasi tersebut sebagian besar disalurkan untuk pembiayaan proyek-proyek infrastruktur yang membutuhkan biaya yang relatif besar dengan masa peminjaman yang cukup panjang.

“Dari nilai tersebut, hampir separuhnya atau sekitar Rp31,6 triliun disalurkan pada proyek-proyek BUMN,” ujarnya.

Sementara itu, total kredit yang disalurkan emiten bersandi BMRI tersebut untuk sektor infrastruktur mencapai Rp177,8 triliun hingga Maret 2019.

Dilihat dari subsektornya, kredit tersebut disalurkan kepada tujuh bidang utama yakni transportasi (Rp38,9 triliun), tenaga listrik (Rp35,6 triliun), migas & energi terbarukan (Rp27,4 triliun), konstruksi (Rp20,5 triliun), Jalan tol (Rp17,7 triliun), telematika (Rp16,8 triliun), perumahan rakyat & fasilitas kota (Rp9,6 triliun), dan infrastruktur lainnya (Rp11,3 triliun).  

Bank Mandiri termasuk salah satu bank yang cukup ekspansif dalam menyalurkan kredit dengan realisasi pertumbuhan sebesar 12,4% (YoY), di atas realisasi penyaluran kredit industri perbankan sebesar 11,5% per Maret 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper