Esta Kapital Fintek Gencar Bidik Indonesia Timur

Bisnis.com, JAKARTA – PT Esta Kapital Fintek (Esta Kapital) gencar menyalurkan pembiayaan ke daerah pelosok Indonesia Timur.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 15 Mei 2019  |  13:36 WIB
Esta Kapital Fintek Gencar Bidik Indonesia Timur
Ilustrasi teknologi finansial - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA – PT Esta Kapital Fintek (Esta Kapital) gencar menyalurkan pembiayaan ke daerah pelosok Indonesia Timur.

Direktur Utama Esta Kapital Yefta Surya Gunawan mengatakan penerima pinjaman telah tersebar secara luas hingga Indonesia Timur seperti Masamba, Palopo, Maluku, Kolaka, Takalar, dan daerah-daerah lainnya

Kendati tersebar ke daerah pelosok, Esta Kapital mampu mengelola presentase kredit macet lebih dari 90 hari atau non-performing loan (NPL) sebesar 0,73%. Hingga awal Mei 2019 Esta Kapital telah menyalurkan pinjaman kepada lebih dari 14.600 wanita dari keluarga pra sejahtera yang tersebar di Pulau Jawa hingga daerah-daerah pelosok Indonesia Timur.

“Ini merupakan pencapaian yang sangat bagus di tahun pertama kami beroperasi. Sebab, dengan konsep pemberian pinjaman sampai ke daerah pelosok yang tanpa agunan, tetapi kami dapat menekan angka kredit macet di level 0,73%,” ungkap Yefta seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (15/5).

Esta Kapital terus berusaha menekan angka kredit macet guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pemberi pinjaman. Penerapan sistem tanggung renteng, pemberian pelatihan dan pendampingan kepada para peminjam, serta penguatan ekosistem bisnis adalah langkah serius yang dilakukan untuk menekan angka NPL.

Selain itu, sebagai wujud komitmen dalam memberikan rasa aman yang lebih kepada pemberi pinjaman, Esta Kapital juga menawarkan asuransi kredit Sinarmas bagi setiap pinjaman yang ada.

“Kami sangat mengapreasiasi kontribusi para penerima pinjaman di Esta Kapital. Berbagai inovasi, peningkatan kualitas layanan, dan hal-hal lain yang kami lakukan demi kepuasan masyarakat luas, baik pemberi pinjaman maupun penerima pinjaman,” pungkasnya.

Menurut dia, selain sebagai buah dari komitmen dan kerja keras untuk selalu berupaya membangun komunitas tanpa kemiskinan, capaian tersebut juga akan menjadi tantangan baru dan pemacu semangat bagi Esta Kapital agar dapat memberikan berbagai inovasi dan pelayanan terbaik di bidang industri keuangan non bank.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan terdapat 114 platform fintech lending yang terdaftar dan diawasi oleh regulator per April 2019. Hingga Maret 2019, P2P lending telah menyalurkan pinjaman senilai Rp33,2 triliun. Nilai ini tumbuh 46,48% bila dibandingkan posisi Desember 2018 senilai Rp22,66 triliun.

Adapun tingkat wanprestasi di atas 90 hari sebesar 2,62% pada kuartal pertama 2019. Nilai ini turun dibandingkan posisi Februari 2019 di level 3,18%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
fintech

Editor : Anggi Oktarinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top