Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuartal I/2019, BCA Hapus Buku Rp1 Triliun

PT Bank Central Asia Tbk. mencatatkan kredit yang dihapusbukukan atau write-off sebesar Rp1 triliun pada kuartal I/2019.

Bisnis.com, JAKARTA —  PT Bank Central Asia Tbk.  mencatatkan kredit yang dihapusbukukan atau write-off sebesar Rp1 triliun pada kuartal I/2019.

Sekretaris Perusahaan BCA  Jan Hendra  menyampaikan bahwa kredit yang dihapusbukukan didominasi oleh  segmen korporasi dan konsumer.

"BCA  mencatat restrukturisasi kredit yang cukup stabil hingga kuartal I/2019 [year to date/ytd], sebesar 1,4%," katanya kepada Bisnis, belum lama ini.

Berdasarkan laporan publikasi, per kuartal I/2019 rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) gross BCA tercatat sebesar 1,47%, menurun dari posisi pada periode yang sama tahun lalu sebesar 1,54%. Sementara itu, rasio NPL net meningkat dari 0,46% menjadi 0,50% yoy.

Jan menyampaikan perseroan tetap memperhatikan kualitas kredit dengan menggunakan prinsip kehati-hatian yang dimulai sejak perekrutan debitur. Selain itu, strategi yang dijalankan perseroan adalah dengan menyalurkan kredit kepada nasabah dengan rekam jejak yang baik dan pada sektor-sektor potensial.

Jan menambahkan penyaluran kredit yang dilakukan perseroan terdiversidikasi ke berbagai sektor ekonomi, sehingga bisa meminimalkan risiko yang terkonsentrasi.

Per Maret 2019, portofolio kredit perseroan tercatat meningkat 13,2% secara tahunan menjadi Rp532 triliun. Kredit ke segmen debitur korporasi tumbuh 15,8%  secara tahunan menjadi Rp207,8 triliun, sedangkan kredit konsumer tumbuh 7,7% secara tahunan menjadi Rp139 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper