Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIM JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019: Tips Aman Gunakan Mobile Banking saat Libur Lebaran

Selama libur Lebaran, transaksi menggunakan mobile banking memang dianjurkan karena operasional kantor cabang dan keterjangkauan terhadap ATM terbatas.
Ilustrasi model memperlihatkan aplikasi mobile banking./Bisnis-Nurul Hidayat
Ilustrasi model memperlihatkan aplikasi mobile banking./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, PROBOLINGGO – Selama libur Lebaran, transaksi menggunakan mobile banking memang dianjurkan karena operasional kantor cabang dan keterjangkauan terhadap ATM terbatas.

Senior Vice President Corporate Communication PT Banl Central Asia Tbk. Dwi Narini mengatakan berbagai kebutuhan transaksi pada masa libur ini bisa dipenuhi melalui berbagai fitur yang sudah disediakan dalam mobile banking.

Dia juga memperingatkan agar tetap hati-hati dalam melakukan transaksi menggunakan mobile banking selama Lebaran.

“Kesibukan dan aktivitas merayakan Lebaran tidak boleh menurunkan kewaspadaan terhadap perilaku online yang dapat dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak berkepentingan untuk mengakses sumber keuangan Anda,” ujarnya melalui keterangan resmi pada Minggu (2/6/2019).

Dia memaparkan dalam mengakses mobile banking, salah satunya BCA mobile, berikut tips aman yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan unduh mobile banking dari akun resmi perbankan. Aplikasi, misalnya BCA mobile, diunduh melalui Google Play Store (jika smartphone Android), atau melalui iPhone App Store (jika smartphone IOS).
  2. Gunakan jaringan Internet yang aman. Disarankan pengguna mobile baanking agar menghindari menggunakan akses Wi-Fi publik saat melakukan transaksi. Misalnya, saat mengakses BCA mobile, pilihlah jaringan nirkabel yang menggunakan kata kunci keamanan jaringan atau memiliki beberapa bentuk keamanan lainnya.
  3. Saat transaksi mobile banking, sebaiknya jaga kerahasiaan kode akses yang dimiliki sebagai pengaman akses menu mobile banking. "Jaga kerahasiaan PIN BCA mobile Anda sebagai pengaman validasi transaksi, dan pastikan Anda sudah logout [keluar] saat selesai menggunakan BCA mobile".
  4. Perketat kewaspadaan keamanan mobile banking. Disarankan kepada pengguna untuk mengganti kode akses dan PIN BCA mobile secara berkala dengan kombinasi angka/huruf yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain.

Kemudian periksalah daftar rekening tujuan transfer secara berkala. Pada BCA mobile, jika ada nomor rekening tujuan yang sudah tidak diperlukan, pengguna bisa menghapus nomor rekening tersebut lewat menu m-Admin - Hapus Daftar.

Dwi juga menyanpaikan agar pengguna mobile banking selalu mewaspadai upaya penipuan dari oknum yang mengaku sebagai petugas melalui telepon, fax, email yang menanyakan data pribadi termasuk kode akses.

"Petugas BCA resmi tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut. Jika Anda menerima pesan yang menjelaskan bahwa aplikasi atau layanan BCA yang Anda miliki tidak sah, jangan lanjutkan akses BCA mobile dan segera hubungi Halo BCA di nomor 1500888," katanya.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper