Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIMB Berharap Penerapan NFC Dibuka untuk Semua Bank

PT Bank CIMB Niaga Tbk. berharap transaksi nontunai pembayaran tarif tol menggunakan mesin near field communication (NFC) dapat difasililtasi oleh semua bank, bukan hanya dikerjakan oleh bank-bank tertentu.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank CIMB Niaga Tbk. berharap transaksi nontunai pembayaran tarif tol menggunakan mesin near field communication (NFC) dapat difasililtasi oleh semua bank, bukan hanya dikerjakan oleh bank-bank tertentu.

Direktur Perbankan Konsumer Bank CIMB Niaga Lani Darmawan menuturkan bahwa perseroan telah memiliki kepasitas untuk melayani transaksi pembayaran di gerbang tol dengan menggunakan teknologi NFC. 

"Kami siap saja untuk menggarap proyek baru ini. Bagi kami ini sumber fee based income yang cukup potensial," katanya, Selasa (11/6/2019). 

Lani menjelaskan, transaksi pembayaran di gerbang tol harusnya bisa mencontoh sistem electronic data capture (EDC) di setiap gerai toko modern yang mampu membaca setiap kartu. 

Sementara itu, tarifnya off-us dan on-us nantinya ditentukan oleh pihak penyelenggara tol dan pelaku industri perbankan. 

"Menurut saya lebih fair untuk masyarakat, karena tidak dipaksa. Jadi satu mesin bisa membaca mesin near field communication (NFC) mana saja," jelasnya. 

Di sisi lain, Lani menjelaskan, pemerintah juga perlu mengatur perihal pengisian ulang otomatis.  

Dengan demikian, saldo di setiap tabungan untuk transaksi selalu tersedia, dan memperkecil kemungkinan mobil yang masuk tol tanpa bayar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper