Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredivo : Kartu Kredit Digital Lebih Digemari di E-Commerce

Survei yang diambil dari 1110 responden dengan profil demografis beragam menunjukkan bahwa hampir 80% responden memilih kartu kredit digital sebagai metode pembayaran yang paling digemari dibanding metode lainnya.
CEO dan pendiri FinAccel, perusahaan tekfin penyedia kartu kredit digital Kredivo, Akhsay Garg/Agne Yasa
CEO dan pendiri FinAccel, perusahaan tekfin penyedia kartu kredit digital Kredivo, Akhsay Garg/Agne Yasa

Bisnis.com JAKARTA—PT Finaccel Teknologi Indonesia (Kredivo) mengklaim layanan kartu digital lebih digemari ketimbang cara pembayaran lainnya saat bertransaksi di e-commerce.

Head of Marketing Kredivo Indina Andamari mengatakan, survei yang diambil dari 1110 responden dengan profil demografis beragam menunjukkan bahwa hampir 80% responden memilih kartu kredit digital sebagai metode pembayaran yang paling digemari dibanding metode lainnya, seperti transfer bank 8%, kartu kredit 6%, dan metode pembayaran lainnya (CoD, e-wallet dan debit) sebesar 7%.

“Hanya sedikit orang yang bisa mendapatkan akses ke layanan tersebut karena kurangnya data skor kredit serta proses registrasi yang berbelit-belit dan memakan waktu lama,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (11/7).

Sekitar 74% responden memilih faktor kemudahan dan kepraktisan sebagai pertimbangan utama dalam memilih metode pembayaran terfavorit, diikuti oleh faktor bunga yang rendah sebesar 24% dan masing-masing 1% untuk faktor kemudahan mendaftar serta faktor limit yang tinggi.

Survei yang ditujukan untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap produk Kredivo ini dilakukan dengan bekerja sama dengan IDC (International Data Corporation), lembaga penelitian dan konsultasi terkemuka asal Amerika Serikat yang tersebar di 110 negara.

Riset tersebut menemukan bahwa masih ditemuinya kendala saat bertransaksi secara digital. Hal ini ditunjukkan oleh tingkat cart abandonment yang tinggi di Indonesia, bahkan termasuk yang tertinggi di Asia.

Salah satu penyebab utama dari tidak selesainya transaksi ini adalah friksi saat proses checkout di platform e-commerce. Kurangnya opsi layanan pembiayaan juga memperbesar hambatan mengingat angka penetrasi kredit di Indonesia hanya 3%.

Namun, kartu kredit digital telah didesain untuk melakukan transaksi dan checkout melalui smartphone. Setelah pengajuan disetujui, pengguna dapat berbelanja di merchant rekanan menggunakan limit kredit yang diberikan untuk membayar dengan fitur cicilan atau PayLater.

Saat ini Kredivo telah menjadi metode pembayaran di berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, JD.id dan lebih dari 250 merchant online maupun offline. Selain digunakan sebagai metode pembayaran online, Kredivo juga menyediakan fasilitas tarik tunai dengan limit hingga Rp30 juta dengan tenor hingga 6 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper