Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1,1 Juta Nasabah UMKM BRI Telah Naik Kelas

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mendorong pengembangan usaha mikro kecil dan menengah agar bisa naik kelas melalui berbagai program pembiayaan yang diberikan.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mendorong pengembangan usaha  mikro kecil dan menengah agar bisa naik kelas melalui berbagai program pembiayaan yang diberikan.

Direktur Mikro dan Kecil Bank BRI Priyastomo menyatakan hingga 31 Juli 2019 BRI telah memberikan pembiayaan kepada lebih dari 10,5 juta nasabah UMKM.

Dari jumlah tersebut, kata Priyastomo, sebanyak 1,1 juta pelaku UMKM di antaranya disebut telah naik kelas. Jumlah tersebut didominasi oleh masyarakat yang mengajukan pembiayaan mikro dengan plafon pinjaman hingga Rp25 juta sebanyak 65% dan selebihnya nasabah dengan plafon di atas Rp25 juta.

"Dari awal tahun hingga Juli, kami telah mengkalkulasi nasabah yang mengajukan penambahan atau suplesi plafond serta naik segmen jenis pinjaman di antaranya dari KUR ke Pinjaman Komersial. Mereka telah memenuhi kualifikasi untuk diberikan tambahan modal dalam rangka meningkatkan skala usahanya,” katanya lewat keterangan resmi, Selasa (13/8/2019).

Lebih lanjut, dia mengatakan perseroan optimistis jumlah nasabah naik kelas dapat meningkat menjadi lebih dari 2 juta nasabah UMKM per akhir 2019.

Selain mengucurkan kredit kepada para pelaku UMKM, bank Wong Cilik tersebut juga melakukan pendampingan agar pelaku usaha update terhadap informasi bisnis terkini.

BRI hingga saat ini telah menyelenggarakan sebanyak 3.260 pelatihan di berbagai daerah di Indonesia yang diikuti oleh sebanyak 318.093 UMKM binaan.

Selain itu, melalui program BRIncubator, nasabah bisa mengikuti workshop dan bootcamp yang fokus kepada peningkatan kapabilitas UMKM untuk Go-Modern, Go-Digital, Go-Online, dan Go Global. Dengan menggandeng para pakar UMKM, baik yang bertaraf lokal maupun nasional para pelaku UMKM bisa mendapatkan nilai tambah yang signifikan.

Lebih lanjut Priyastomo mengungkapkan, BRI terus fokus dalam memberdayakan UMKM melalui pemberian ruang dan pendampingan yang dapat mendorong kemajuan usaha dan berdampak pada ekonomi lokal maupun nasional.

“Nantinya UMKM diharapkan terus menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di tanah air,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper