Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pacu Kredit Konsumsi, UOB Gencar Mengincar Segmen Milenial

PT Bank UOB Indonesia akan gencar menggenjot penyaluran kredit konsumer dengan mengincar segmen milenial.
Presiden Direktur PT UOB Indonesia Kevin Lam/Bisnis
Presiden Direktur PT UOB Indonesia Kevin Lam/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank UOB Indonesia akan gencar menggenjot penyaluran kredit konsumer dengan mengincar segmen milenial.

Presiden Direktur UOB Indonesia Kevin Lam mengatakan, segmen milenial memiliki potensi yang besar dan akan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi seiring dengan meningkatnya konsumsi pribadi kelas menengah.

Dalam hal ini, Kevin menyampaikan, perbankan sudah memiliki produk kartu kredit khusus untuk segmen milenial. Perseroan juga akan meluncurkan produk digital banking yang dilengkapi fitur khusus untuk milenial pada tahun ini.

"Untuk milenial, kami sudah punya kartu kredit, tapi saya rasa tidak cukup, jadi kami akan meluncurkan produk digital dengan branding tomorrow dalam beberapa bulan ke depan," katanya saat Konferensi Pers Economic Outlook 2020, Rabu (28/8/2019).

Adapun, Kevin mengutarakan, pendapatan dari bisnis kartu kredit khusus untuk segmen milenial paling besar ditopang oleh penggunaan di sektor wisata. 

Sehingga menurutnya, kontribusi sektor pariwisata terhadap pendapatan bisnis kartu kredit perseroan ke depan akan semakin besar, baik dari wisata domestik maupun mancanegara.

Perseroan pun mengincar jumlah nasabah UOB dapat meningkat hingga 1 juta nasabah dengan porsi 75 persen adalah milenial dalam 5 tahun ke depan.

Saat ini, jumlah nasabah UOB tercatat sebanyak lebih dari 500.000 nasabah. Dari jumlah tersebut, segmen milenial dengan dua kategori, yaitu young professional dan young family, tercatat sebanyak lebih dari 100.000 nasabah.

Pada kesempatan yang sama, Ekonom UOB Indonesia Enrico Tanuwidjaja menyampaikan di tengah pertumbuhan ekonomi global yang melambat, pendorong pertumbuhan ekonomi utama masih tetap bertumpu pada konsumsi pribadi, yang mencapai lebih dari 50 persen.

Lebih lanjut, imbuh Enrico, masih ada pangsa pasar, yakni generasi milenial yang diharapkan bisa menjadi tulang punggung dan pendongkrak perekonomian selama 10 tahun ke depan dengan peningkatan kemampuan belanja segmen tersebut.

"Pola konsumsi milenial unik sehingga bisa meningkatkan ekonomi Indonesia. Mereka menghabiskan 50 persen pendapatannya dengan gaya hidup 4S, yaitu sugar [makanan dan minuman], skin [perawatan tubuh dan kecantikan], sun [liburan dan hiburan], dan screen [konsumsi layar digital]," katanya.

Enrico menjelaskan, dari keempat gaya hidup tersebut, milenial paling banyak menghabiskan pendapatannya di sektor wisata. Oleh karena itu, dia menilai, sektor wisata memiliki potensi paling besar, apalagi dengan wacana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur, bisa semakin mendongkrak potensi wisata di Indonesia bagian Timur.

Peningkatan pendapatan dan jenis pilihan pembelanjaan generasi milenial dinilai turut membuka kesempatan bagi para pebisnis dalam memenuhi kebutuhan segmen populasi ini, yang tentunya juga akan berkontribusi pada pertumbuhan bisnis mereka.

Berdasarkan data riset ekonomi UOB Indonesia tentang tingkat pendapatan berbagai segmentasi populasi antara tahun 2010-2019, pendapatan riil kaum milenial tumbuh sebesar 8,6 persen per tahun secara tingkat pertumbuhan bertahap.

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pendapatan antara 3 persen-5 persen pada kelompok demografi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper