Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DANA: Merger dengan OVO Itu Spekulasi

Bisnis.com, JAKARTA — Pihak PT Espay Debit Indonesia Koe atau DANA menyatakan isu merger dengan dompet digital OVO merupakan spekulasi. Meskipun begitu, kedua pihak menyatakan bahwa industri teknologi finansial atau tekfin akan terus mendorong kolaborasi.
/B6fa.com
/B6fa.com

Bisnis.com, JAKARTA — Pihak PT Espay Debit Indonesia Koe atau DANA menyatakan isu merger dengan dompet digital OVO merupakan spekulasi. Meskipun begitu, kedua pihak menyatakan bahwa industri teknologi finansial atau tekfin akan terus mendorong kolaborasi.

CEO DANA Vincent Henry Iswaratioso tidak memberikan banyak komentar saat ditanya mengenai perkembangan isu merger yang bergulir akhir-akhir ini. Bahkan, dia menilai isu tersebut hanya merupakan spekulasi.

"Tidak bisa berkomentar ya, karena itu spekulasi saya kira. No comment," ujar Vinvent saat ditemui dalam gelaran Indonesia Fintech Summit & Expo 2019, Selasa (24/9/2019) di Jakarta.

Hal senada pun disampaikan oleh Director of Enterprise Payment PT Visionet Internasional (OVO) Harianto Gunawan. Menurut dia, masyarakat dan media perlu menghindari informasi atau spekulasi yang menggelembung.

"Kalau ada announcement apapun kami akan secara resmi memberikan announcement, tapi minta tolong jangan dengar dari spekulan-spekulan," ujar Harianto dalam kesempatan yang sama.

Adapun, dia menjelaskan, kolaborasi yang terjalin antara OVO dengan DANA saat ini di antaranya adalah penerapan standardisasi QR Code (QRIS). Kolaborasi itu pun tidak hanya melibatkan kedua perusahaan, melainkan banyak pelaku industri tekfin yang dinaungi asosiasi.

Menurut Harianto, kolaborasi memang tak terelakkan dalam perkembangan ekonomi digital, termasuk industri tekfin. Kolaborasi tersebut menurutnya memungkinkan pelaku industri lintas sektor untuk mengembangkan layanan bagi masyarakat yang belum tersentuh layanan keuangan konvensional.

"Ini adalah era kolaborasi, bukan era kompetisi," ujar dia.

Sebelumnya beredar informasi bahwa Grab, pemilik saham dari OVO, akan membeli mayoritas saham DANA. Dengan aksi korporasi tersebut, tersiar kabar bahwa Grab akan menggabungkan OVO dengan DANA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper