Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Muamalat Peruri & Hayuni Layani Haji dan Umrah

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. bekerja sama dengan PT Hayuni Aman Sejahtera dan Perum Peruri terkait dengan sarana pembayaran Peruri Pay.
Bank Muamalat/Istimewa
Bank Muamalat/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. bekerja sama dengan PT Hayuni Aman Sejahtera dan Perum Peruri terkait dengan sarana pembayaran Peruri Pay.

Direktur Kepatuhan Bank Muamalat Andri Donny mengatakan akan saling melengkapi karena keduanya punya keunggulan di industri masing-masing.

Dia mengklaim, Bank Muamalat memiliki produk dan layanan yang didesain khusus untuk haji dan umrah, sedangkan Peruri sebagai perusahaan percetakan uang negara punya rekam jejak yang panjang dalam bidang sistem pembayaran. 

“Bank Muamalat dan Peruri akan saling melengkapi satu sama lain. Sebagai bank syariah pertama di Tanah Air kami punya positioning yang baik dalam industri haji dan umrah. Sedangkan Peruri punya kompetensi dalam hal sistem pembayaran dan digital security,” katanya seperti dikutip dari siaran pers Bank Muamalat, Kamis (26/9/2019).

Dia melanjutkan, Peruri Pay akan memudahkan jamaah umrah dalam hal pembayaran. Selain itu, layanan ini meminimalisir risiko penyalahgunaan dana jamaah karena Peruri Pay melakukan transaksi langsung melalui aplikasi alias tanpa perantara. Dengan metode seperti ini dapat mengurangi risiko gagal berangkat jamaah umrah.

Melalui kerja sama ini Bank Muamalat bertindak sebagai bank operasional untuk dana tabungan jamaah umrah. Pasalnya, Bank Muamalat memiliki produk tabungan rencana umrah yang dapat digunakan oleh jamaah dan agen travel. 

"Salah satu fasilitas unggulan kami juga adalah kartu ATM Shar-E debit 1 hram [ihram]. Kartu ini dapat digunakan di lebih dari 18.000 ATM berlogo VISA di Tanah Suci," imbuhnya.

Andri mengungkapkan Bank Muamalat juga memiliki layanan satu pintu yang ditujukan bagi asosiasi penyelenggara haji umrah yang juga diberi nama 1hram (1 Stop Service Hajj & Umrah Muamalat). 

Layanan ini berupa satu lantai khusus di Muamalat Tower yang dapat digunakan sebagai kantor perwakilan dari berbagai asosiasi penyelenggara haji umrah.

Sebagai informasi, Bank Muamalat memiliki pangsa pasar sebesar 16% untuk haji regular dan 50% untuk porsi haji khusus (segmen high end) dari total porsi haji nasional. 

Pangsa pasar haji khusus Bank Muamalat tersebut merupakan penyumbang terbesar dibandingkan dengan bank syariah lain. Keunggulan yang dimiliki Muamalat adalah adanya layanan satu atap yang menjamin kepraktisan para nasabah dalam pendaftaran porsi haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper