Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taspen Siapkan Unit Investasi Syariah

PT Taspen (Persero) akan membentuk unit investasi syariah (UIS) pada tahun depan seiring dengan peluang pada instrumen investasi syariah yang membesar, banyak pensiunan yang menginginkan bertransaksi syariah.
Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro./JIBI-Dedi Gunawan
Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Taspen (Persero) akan membentuk unit investasi syariah (UIS) pada tahun depan seiring dengan peluang pada instrumen investasi syariah yang membesar, banyak pensiunan yang menginginkan bertransaksi syariah.

Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan, peluang itulah yang mendorong perseroan untuk membangun UIS untuk mengakomodasi kebutuhan peserta. 

Dia mengatakan UIS akan mulai beroperasi pada awal Januari 2020, mulai dari pengembangan sumber daya manusia (SDM) syariah hingga penyusunan akad syariah.   

“Kami tidak mengalokasikan [modal] secara khusus. SDM kami akan kami pisahkan, organisasinya terpisah walaupun belum begitu besar. Kami ingin masuk ke transaksi syariah dengan pola, termasuk akadnya berprinsip syariah,” tuturnya dalam ajang Indonesia Sharia Economic Festival, Kamis (14/11).

Saat ini portofolio investasi syariah perseroan hanya sekitar Rp9,1 triliun atau 3,54% dari total dana kelolaan perusahaan yang mencapai Rp254 triliun. Sebanyak 80% disalurkan kepada instrumen sukuk. Ke depannya, perusahaan akan mulai melihat alternatif lain seperti reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) dan obligasi syariah. 

Dana kelolaan tersebut terbagi menjadi Rp140 triliun yang dana milik peserta pensiun dan Rp110 triliun berasal dari kelolaan dana tabungan hari tua (THT).

“Oleh karena kami masih pegang [investasi syariah] sejak 2016, kami anggap itu baik dan masih ada potensi. Rata-rata pertumbuhan dana kelolaan syariah mencapai 34%. Jadi kurang lebih bisa menjadi Rp12 triliun. Namun, tergantung market,” ujarnya.

Ke depannya, perusahaan akan memberikan pendidikan khusus bagi SDM untuk memberikan pemahaman terhadap investasi syariah. 

Taspen mulai memasuki pasar modal syariah sejak 2016. Saat ini, jumlah peserta Taspen kurang lebih sebesar 7,2 juta orang. Sebagian dana pensiun peserta telah dibayarkan melalui tabungan bank syariah.

Namun, dana kelolaan tersebut masih dikelola dengan metode konvensional. Untuk itu dibutuhkan UIS tersendiri agar dapat memastikan bahwa prinsip syariah dalam mengelola dana peserta dapat terjamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Anggi Oktarinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper