Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi pembayaran menggunakan barcode di ponsel pintar - Wikimedia Common
Premium

Menggantang Cuan Dari Transaksi Dagang Online

15 November 2019 | 09:11 WIB
Perkembangan transaksi online turut mendatangkan pundi-pundi keuntungan bagi perbankan Tanah Air. Bahkan, pada masa mendatang tran­saksi daring ini bakal memberikan cuan yang lebih besar bagi bank.

Bisnis.com, JAKARTA — Perkembangan transaksi online turut mendatangkan pundi-pundi keuntungan bagi perbankan Tanah Air. Bahkan, pada masa mendatang tran­saksi daring ini bakal memberikan cuan yang lebih besar bagi bank.

Dalam laporan e-Conomy 2019 oleh Google, Indonesia memiliki potensi transaksi digital yang besar. Laporan itu memprediksikan transaksi digital di Indonesia dapat mencapai US$41 miliar pada 2019.

Penyumbang terbesarnya berasal dari transaksi dagang-el (e-commerce), yakni sebesar US$21 miliar. Penyumbang besar lainnya berasal dari transaksi online travel dan ride hailing, dengan nilai masing-masing sebesar US$10 miliar dan US$6 miliar.

Masih dari laporan yang sama, transaksi digital di Indonesia pada 2025 diprediksi melonjak menjadi sebesar US$133 miliar. Segmen dagang-el tetap menjadi penopang terbesar dengan nilai US$82 miliar.

SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi mengatakan tranksaksi dagang-el secara tahun berjalan (year-to-date/ytd) sampai dengan September mencatatkan kenaikan frekuensi hampir 14 juta transaksi atau naik 26,3% dengan sales volume sekitar Rp12 triliun atau tumbuh 32,6%.

Sementara itu, transaksi mobile dan internet banking per Oktober 2019 telah mencatatkan kenaikan fre­kuensi 38,9% ytd menjadi Rp385 juta dengan volume pemasaran (sales volume) yang naik 32% ytd menjadi Rp747,7 triliun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top