Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Bank Permata - Antara/Reno Esnir
Premium

Sentimen Calon Investor & Rasionalitas Fundamental Bank Permata

18 November 2019 | 16:25 WIB
Di balik rumor soal akuisisi, PT Bank Permata Tbk. (BNLI) berhasil melancarkan strategi pembenahan untuk memperbaiki kinerja, yang berbuah terhadap ranumnya kinerja saham. Namun, dengan harga saham yang sudah tinggi, dapatkan BNLI kembali mendaki?

Bisnis.com, JAKARTA - Di balik rumor soal akuisisi, PT Bank Permata Tbk. (BNLI) berhasil melancarkan strategi pembenahan untuk memperbaiki kinerja, yang berbuah terhadap ranumnya kinerja saham. Namun, dengan harga saham yang sudah tinggi, dapatkan BNLI kembali mendaki?

Setidaknya ada lima strategi yang dijalankan manajemen, yakni meningkatkan dan menjaga porsi dana murah atau current account saving account (CASA) di atas 50%, menyelesaikan kredit bermasalah, menyeimbangkan komposisi kredit, memperdalam hubungan dengan nasabah loyal, serta memperbaiki manajemen risiko dan tata kelola.

Direktur Keuangan Bank Permata Lea Setianti Kusumawijaya menyampaikan perusahaan berupaya menjaga posisi likuiditas tetap optimal. Oleh karena itu, BNLI akan fokus di penghimpunan dana murah atau CASA.

Per September 2019, dana pihak ketiga (DPK) perusahaan tumbuh 2% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp120 triliun. Hal itu ditopang kenaikan giro 11% yoy dan tabungan 6% yoy, sedangkan deposito menurun 4% yoy. Rasio CASA pun meningkat menjadi 50% dari sebelumnya 47%.

“Ke depan kami akan lebih meningkatkan porsi CASA, dan menjaga di atas 50%, karena sifatnya lebih berkelanjutan dan efisien,” tuturnya kepada Bisnis di Semarang, pekan lalu.

Sementara itu, total kredit per September 2019 mencapai Rp107,6 triliun. Secara garis besar, kontribusi kredit terdiri dari wholesale banking atau korporasi di atas Rp250 miliar sebesar Rp43 triliun, UMKM sekitar Rp30-an triliun, segmen ritel Rp30 triliun, dan pinjaman personal Rp3,5 triliun—Rp4 triliun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top