Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Perajin membuat keramik tradisional di Plered, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (26/9/2018). Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyatakan Indonesia berpotensi besar menjadi kekuatan ekonomi kreatif di dunia. - ANTARA/M Ibnu Chazar
Premium

Kala Bank dan Fintech Mulai Mengendus Cuan di Ekonomi Kreatif

26 November 2019 | 16:34 WIB
Industri kreatif yang digadang-gadang akan menjadi sektor andalan ekonomi di Tanah Air dinilai memiliki prospek yang gemilang. Tak hanya dilirik oleh bank, perusahaan teknologi finansial (tekfin) pun mulai mencecap kue bisnis di sektor tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA - Industri kreatif yang digadang-gadang akan menjadi sektor andalan ekonomi di Tanah Air dinilai memiliki prospek yang gemilang. Tak hanya dilirik oleh bank, perusahaan teknologi finansial (tekfin) pun mulai mencecap kue bisnis di sektor tersebut.

Industri kreatif selama ini sulit mendapat akses pembiayaan dari lembaga penyedia jasa keuangan. Sektor tersebut dinilai berisiko tinggi karena tidak memiliki jaminan yang bisa diagunkan ke bank.

Selain itu, keberlangsungan bisnis juga menjadi indikator pemberian pinjaman. Pinjaman dapat diberikan jika bisnis kreatif berhasil dijaga keberlangsungannya minimal jangka waktu 5 tahun.

Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Ekonomi Kreatif yang telah disahkan oleh DPR beberapa waktu lalu menjadi angin segar dan membawa harapan bagi pelaku industri kreatif. Salah satu poin penting yang telah disahkan adalah pengakuan hak atas kekayaan intelektual (HKI) sebagai produk dari ekonomi kreatif.

RUU tersebut memungkinkan HKI dijadikan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman atau pembiayaan. Pasalnya, belum ada definisi yang jelas mengenai HKI. Selama ini HKI sulit dijadikan objek jaminan bagi pelaku usaha ekonomi kreatif untuk mengakses fasilitas pembiayaan.

Produser IFI Sinema Adi Sumardjono mengatakan industri kreatif merupakan salah satu sektor usaha yang sulit mendapat akses pembiayaan dari perbankan, apalagi bidang yang sudah digelutinya sejak lama, yaitu industri film.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top