Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Warga melintasi galeri anjungan tunai mandiri (ATM) di Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (5/8/2019). - ANTARA/Aditya Pradana Putra.
Premium

Musim Bersih-Bersih Aset Bermasalah Bank Besar

10 Desember 2019 | 20:41 WIB
Bank-bank besar gencar melakukan restrukturisasi kredit bermasalah sepanjang tahun ini, seiring dengan perlambatan ekonomi serta penurunan kualitas aset. Tren ini diprediksi terus menekan pendapatan bunga bersih bank pada tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA — Bank-bank besar gencar melakukan restrukturisasi kredit bermasalah sepanjang tahun ini, seiring dengan perlambatan ekonomi serta penurunan kualitas aset. Tren ini diprediksi terus menekan pendapatan bunga bersih bank pada tahun ini.

Berdasarkan laporan interim bank umum kelompok usaha (BUKU) IV, restrukturisasi kredit bank-bank besar pada September tahun ini sudah lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu.

Meski tak signifikan, hanya PT Bank Central Asia Tbk. yang menilai restrukturisasi kredit pada tahun ini masih terpantau lebih rendah dibandingkan dengan tahun lalu.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan perseroan hanya mengikuti perkembangan industri riil. Namun, restrukturisasi dilakukan dengan memperpanjang tenor pinjaman tanpa menghapus bunga kredit.

“Dengan tenor yang diperpanjang, debitur diharapkan lebih memiliki ruang untuk memenuhi kewajibannya,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/12/2019).

Berdasarkan laporan interimnya, emiten berkode BBCA ini telah merestrukturisasi kredit senilai Rp8,9 triliun, lebih tinggi dibandingkan dengan baki restrukturisasi sepanjang 2018 yang hanya Rp7,9 triliun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top