Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran KPR Milenial Bank BTN Tembus Rp9 Triliun

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mencatat sudah menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk milenial via program KPR Gaeesss senilai Rp9,3 triliun dalam setahun ke belakang.
Suasana peluncuran aplikasi KPR mobile dan relaunching program KPR Gaeesss BTN, Jakarta, Rabu (18/12/2019)./Bisnis-Lalu Rahadian
Suasana peluncuran aplikasi KPR mobile dan relaunching program KPR Gaeesss BTN, Jakarta, Rabu (18/12/2019)./Bisnis-Lalu Rahadian

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mencatat sudah menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk milenial via program KPR Gaeesss senilai Rp9,3 triliun dalam setahun ke belakang.

Nilai penyaluran KPR Gaeesss ini setara dengan pembiayaan untuk 27.593 hunian.

Menurut Direktur Utama BTN Pahala N. Mansury, ke depannya perseroan menargetkan penyaluran KPR khusus milenial bisa mencapai Rp11 triliun.

“Kami membidik dengan relaunching KPR Gaeesss For Millenials dan launching aplikasi BTN Properti Mobile dapat meningkatkan penyaluran KPR tersebut mencapai kurang lebih Rp11 triliun,” kata Pahala di peluncuran aplikasi khusus pengajuan KPR dan relaunching KPR Gaeesss, Jakarta, Rabu (18/12/2019) malam.

Pahala menyebut perseroan siap menguasai pasar pembiayaan hunian untuk milenial dengan adanya aplikasi baru ini. Kehadiran aplikasi BTN memungkinkan nasabah mengajukan KPR langsung dari gawai mereka.

Aplikasi khusus ini sengaja diluncurkan BTN karena perseroan melihat potensi besar dari generasi milenial yang belum memiliki rumah. Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut ada 81 juta orang di segmen generasi milenial yang belum memiliki rumah. Angka tersebut setara 31 persen dari jumlah populasi di Indonesia.

“Sebagai pemimpin pasar KPR di Tanah Air, kami akan terus berinovasi untuk menyediakan hunian yang mudah diakses dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Kali ini kami berinovasi dengan menyajikan aplikasi BTN Properti Mobile yang memberikan berbagai kemudahan berbasis teknologi bagi generasi milenial yang tech-savvy,” ujarnya.

Ada berbagai fitur BTN Properti Mobile yang dapat dinikmati milenial. Di antaranya, aplikasi tersebut memiliki fitur 4D Tour Services yang membuat penggunanya dapat melihat unit rumah tanpa harus ke lokasi. Fitur lain yang ditawarkan yakni tracking pengajuan kredit secara real time sehingga dapat mengetahui status permohonan kredit.

BTN juga menawarkan fasilitas booking/ fee payment melalui e-channel lewat aplikasi ini. Melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat melihat kondisi fasilitas umum di sekitar unit rumah. 

Calon debitur juga bisa mengajukan permohonan KPR secara online melalui aplikasi BTN Properti Mobile Apps ini dan juga melalui situs www.btnproperti.co.id. Dalam situs tersebut, calon debitur bisa memilih hunian dari 507.445 unit properti milik sekitar 1.800 developer.

BTN juga sengaja melakukan Relaunching Program KPR Gaeesss For Millenials agar lebih sesuai dengan karakteristik kaum milenial, yakni ingin layanan yang mudah diakses dan cicilan yang terjangkau.

“Melalui relaunching ini kami menekankan bahwa KPR Gaeesss tersebut merupakan KPR untuk milenial yang merupakan program dari Bank BTN yang memiliki pengalaman sejak lama di sektor pembiayaan perumahan di Indonesia,” katanya.

KPR Gaeesss For Millenials merupakan kredit pemilikan hunian bagi milenial atau nasabah berusia 21-35 tahun. Untuk KPR bagi kalangan muda ini, BTN memberikan berbagai gimmick di antaranya bebas biaya admin, suku bunga single digit, diskon provisi 50 persen, dan jangka waktu kredit hingga 30 tahun. 

BTN juga tidak mengikat debitur dengan membebaskan mereka dari pengendapan dana. Perseroan kemudian menawarkan fasilitas berupa memasukkan biaya proses akad kredit KPR ke plafon kredit.

Program ini juga dapat di-bundling dengan KPR Zero yang meliburkan pembayaran pokok selama 2 tahun.

Hingga akhir November 2019, secara total BTN sudah menyalurkan KPR hingga Rp190,15 triliun. Angka ini naik 11,2 persen secara tahunan dari Rp171 triliun per November 2018. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lalu Rahadian
Editor : Akhirul Anwar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper