Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Corona Virus, Masyarakat Didorong Miliki Asuransi Kesehatan

Pencegahan virus corona dimulai dari diri sendiri dengan gaya hidup sehat. Juga bersiap dengan memiliki polis asuransi yang memberikan pertanggungan atas wabah virus.
Warga beraktivtas dengan memakai masker di Shanghai, China./Reuters
Warga beraktivtas dengan memakai masker di Shanghai, China./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Masyarakat diingatkan untuk memiliki asuransi kesehatan sebagai antisipasi wabah penyakit seperti virus corona. 

Edy Tuhirman, Chief Executive Officer (CEO) PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia menuturkan sakit akibat wabah merupakan salah satu kondisi yang tidak terprediksi dalam hidup. Untuk itu masyarakat diminta mengelola risiko yang dimiliki termasuk pada kesehatan.
"Inilah mengapa perlindungan asuransi dibutuhkan untuk memproteksi hal-hal yang tidak terprediksi sebelumnya, karena hidup ini tidak lepas dari risiko," kata Eddy di Jakarta, Senin (27/1/2020).
Meski begitu, tidak semua polis asuransi kesehatan akan menanggung biaya pengobatan akibat wabah virus. Nasabah harus memastikan ketika membeli perlindungan asuransi semua kebutuhan yang diajukan tercantum dalam polis.
"Nasabah harus mengetahui manfaat apa saja yang akan mereka peroleh dengan mempelajari ketentuan polis," katanya.
 
Generali sendiri, kata Eddy, memiliki produk yang dapat memberikan perlindungan terhadap wabah seperti virus corona. Bahkan terdapat produk yang memberikan jaminan layanan kesehatan di seluruh dunia dengan besaran pertanggungan hingga Rp35 miliar. 
 
Eddy mengingatkan bagi pemegang polis yang terkena wabah seperti virus corona, langkah pertama yang dilakukan memastikan jenis penyakit yang diderita masuk dalam pertanggungan polis. Selanjutnya, untuk mempercepat proses klaim, pemegang polis juga mempersiapkan dokumen yang diperlukan dan mengetahui bagaimana prosedurnya. 
 
"Pastikan dokter memberikan diagnosa dan mengisi formulir yang disediakan sebagai dokumen pendukung pengajuan klaim," katanya.
 
Lim Chet Ming, Chief Marketing Officer PT AIA Financial menuturkan jika nasabah membutuhkan informasi untuk memastikan lingkup jaminan polis yang dimiliki maka dapat menghubungi customer care milik perusahaan.
"Nasabah dapat meninjau kembali manfaat asuransi yang dimiliki 
dengan membaca Polis dan atau menghubungi customer care line 
kami," katanya.
Lim menyebutkan untuk wabah seperti corona, maka sejumlah produk dari AIA memberikan jaminan layanan kesehatan. Produk itu meliputi hospital & surgical maupun hospital income. 
 
 
Pencegahan Virus Corona
Meski sejumlah polis asuransi memberikan jaminan layanan kesehatan, Eddy mengharapkan nasabah mengutamakan upaya pencegahan untuk menghindari infeksi virus. 
 
Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjangkitnya virus corona seperti mencuci sabun dengan sabun dan air berbasis alkohol, hindari kontak mata dengan penderita demam dan batuk.
 
Masyarakat juga diminta untuk sementara menghindari pasar basah dan kontak langsung dengan hewan hidup. Juga penggunaan masker di tempat umum.
 
"Tentu juga menjaga kesehatan dan perkuat imunitas tubuh serta menghindari berpergian ke negara-negara yang dicurigai sudah terinfeksi virus corona," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper