Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepanjang 2019, BNI Salurkan Dana Bansos Rp12,9 Triliun

BNI kembali ditunjuk menjadi salah satu bank milik negara yang menyalurkan Bansos Non Tunai PKH pada 2020 juga penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Kantor Cabang BNI di Tokyo, Jepang./Istimewa
Kantor Cabang BNI di Tokyo, Jepang./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. telah menyalurkan dana bantuan sosial nontunai Program Keluarga Harapan (PKH) senilai Rp12,9 triliun sepanjang 2019.

Bantuan tersebut diberikan kepada lebih dari 4,2 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di 411 Kota Kabupaten.

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati mengatakan perseroan kembali ditunjuk menjadi salah satu bank milik negara (Himbara) yang menyalurkan Bansos Non Tunai PKH pada 2020.

Dia menyebutkan bentuk dukungan aktif BNI sebagai Bank Himbara memastikan mekanisme penyaluran secara nontunai ke rekening keluarga penerima manfaat terlaksana dengan baik.

"Di mana penyaluran bantuan PKH Tahap I Tahun 2020 dimulai sejak Januari 2020 sesuai dengan amanat Presiden melalui Menteri Sosial," katanya melalui siaran pers, Rabu (29/1/2019).

Adapun pada Januari 2020 ini, BNI telah menyalurkan dana bantuan sosial non tunai PKH Tahap I kepada 3,7 juta KPM dengan nilai total bantuan sebesar Rp2,7 triliun.

Di samping itu, BNI juga ditugaskan untuk mengangkat kondisi perekonomian KPM PKH agar naik kelas melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Hal ini merupakan inisiasi awal BNI bekerja sama dengan Kementerian Sosial RI dalam mendorong agar semakin banyak KPM PKH yang graduasi (naik kelas) dan menerima fasilitas pinjaman lunak.

Untuk memulai penyaluran rangkaian bantuan pemerintah tersebut, Kementerian Sosial RI menggandeng BNI dalam menggelar acara Penyaluran Program Pemerintah Bansos Non Tunai PKH Tahap Pertama Tahun 2020 di Lapangan Rajawali, Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29 Januari 2020). Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Menteri Sosial Juliari P Batubara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper