Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Warga melintas di dekat logo Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Kamis (25/12/2019). - Bisnis/Himawan L. Nugraha
Premium

Ke Mana Bola Panas Jiwasraya Bergulir?

04 Februari 2020 | 17:34 WIB
Kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) belum menunjukkan tanda-tanda sudah mencapai akhir. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mulai memeriksa lembaga yang terkait dengan kasus ini dan DPR pun segera meresmikan Panitia Kerja (Panja).

Bisnis.com, JAKARTA — Bola panas PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terus bergulir. Pemeriksaan yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan dan Dewan Perwakilan Rakyat pun makin dalam.

Setelah membeberkan hasil pemeriksaan investigasi tahap pertama terhadap Jiwasraya pada pekan pertama tahun ini, yang berujung pada penahanan sejumlah tersangka, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Kejaksaan Agung (Kejagung) mengembangkan jangkauan investigasi terhadap skandal yang diduga merugikan negara sebesar Rp13,7 triliun itu.

Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan pihaknya akan memeriksa sejumlah lembaga dalam penyelidikan lanjutan investigasi Jiwasraya. Hal itu dilakukan untuk mencari akar permasalahan dan kerugian negara yang timbul.

Di antara lembaga yang akan diperiksa yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Bursa Efek Indonesia (BEI), dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Selain itu, BPK juga akan turut memeriksa sejumlah BUMN lain yang terkait.

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) bersama Wakil Menteri Kartika Wirjoatmajo (kedua kanan) dan Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko (kiri) saat mengikuti rapat kerja Panja Jiwasraya bersama komisi VI di Gedung Parlemen DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (29/1/2020)./ANTARA FOTO-Muhammad Iqbal

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top