Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawati Bank Muamalat melayani nasabah di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (20/2/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Premium

Kelap Kelip Lampu Nasib Bank Muamalat

05 Februari 2020 | 14:06 WIB
Pencarian investor baru PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. bakal segera memasuki babak akhir. Lampu hijau dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait eksekusi rencana penyehatan bank syariah tertua di Indonesia itu mulai terlihat.

Bisnis.com, JAKARTA — Pucuk dicinta, ulam tiba. Peribahasa itu mungkin bisa menggambarkan perasaan Bank Muamalat setelah Otoritas Jasa Keuangan akhirnya merestui konsorsium Al-Falah Investments Pte. Ltd. untuk mengambil alih bank syariah tersebut.

Konsorsium bentukan Ilham Habibie itu adalah investor yang paling berkomitmen dalam proses penyelamatan Bank Muamalat. Al-Falah sebelumnya telah berkomitmen menyetorkan Rp2 triliun ke rekening penampung (escrow account) sebagai penyerap 77,1 persen saham baru melalui skema Penawaran Umum Terbatas (PUT), yang kini sudah kedaluwarsa.

Kendati enggan menyebutkan nilai suntikan dana yang diserahkan Al-Falah, Ketua Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso penyehatan Bank Muamalat tinggal menunggu waktu eksekusi.

Dia menuturkan Al-Falah hanya perlu menyesuaikan proses pemenuhan kelengkapan informasi dan administrasi. Dengan demikian, perseroan tinggal merealisaikan rencana-rencana yang telah dicantumkan dalam hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terakhir.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso (kanan) bersama anggota Nurhaida (kiri) mengikuti rapat kerja dengan Komisi XI DPR tentang kinerja pengawasan terhadap industri jasa keuangan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (22/1/2020)./ANTARA FOTO-Puspa Perwitasari

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top