Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pedagang menata camilan dagangannya di pasar Kliwon, Kudus, Jawa Tengah, Senin (13/5/2019). - ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Premium

Memberdayakan Kaum Ibu Lewat Fintech

11 Maret 2020 | 16:35 WIB
Sejumlah perusahan financial technology (fintech) kini mulai serius menggarap penyaluran pembiayaan kepada ibu rumah tangga yang berbisnis.

Bisnis.com, JAKARTA — Pemberdayaan kaum perempuan, termasuk ibu rumah tangga, makin disadari pentingnya. Sejumlah perusahaan rintisan berbasis teknologi finansial pun merumuskan sejumlah program pendanaan khusus untuk segmen ini.

Berdasarkan kajian International Finance Corporation (IFC) dalam Studi Kesenjangan Pembiayaan UMKM pada 2017, Usaha Kecil Menengah (UKM) milik wanita di Indonesia memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional.

Laporan itu menyampaikan bahwa 34 persen usaha menengah dimiliki oleh perempuan dan hingga 50 persen usaha kecil kepunyaan kaum hawa. Namun, kekurangan pembiayaan UKM milik wanita di Indonesia mencapai US$60 miliar.

Pada laporan itu, sekitar 40 persen UKM milik perempuan di Indonesia mengalami keterbatasan pembiayaan dan 17 persen perusahaan-perusahaan yang dimiliki wanita memandang pembiayaan sebagai hambatan utama pertumbuhan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top