Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BP Jamsostek Bandung Cari 300 Penganggur untuk Dilatih Siap Kerja

Program pelatihan vokasi yang diselenggaran BP Jamsostek Bandung Suci ini mensyaratkan peserta merupakan korban PHK atau belum bekerja.
Karyawan melintas di dekat logo BPJS Ketenagakerjaan/BP Jamsostek di Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawan melintas di dekat logo BPJS Ketenagakerjaan/BP Jamsostek di Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, BANDUNG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau kini disebut BP Jamsostek Kantor Cabang Bandung Suci  memulai pembukaan pendaftaran pelatihan kerja untuk bidang desain grafis, barista, make up, pastry dan bakery serta tata boga.

Kepala BP Jamsostek Kantor Cabang Bandung Suci Tidar Yanto Haroen menyebutkan pelatihan berbasis kompetensi tahap 1/2020 tersedia untuk 300 peserta. Pelatihan dimulai pada minggu keempat pada Maret ini.

"Sekarang sedang membuka pendaftaran lima program pelatihan kerja gratis yang rencananya akan kami berikan kepada 300 lebih peserta" ujar Kepala BP Jamsostek Kantor Cabang Bandung Suci Tidar Yanto Haroen, Minggu (15/3/2020).

Pelatihan akan diberikan kepada peserta dalam 10 hingga 20 har? sesuai dengen jenis keahlian yang diikuti. “Kami BP Jamsostek ingin ambil bagian dalam menghasilkan sumber daya manusia Unggul dan menumbuhkan benih-benih bangsa terbaik lewat vokasi” katanya.

Pada pelatihan ini, badan telah bekerja sama dengan dua Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Kota Bandung dan akan ditingkatkan menjadi lebih banyak lagi.

“Masyarakat yang berhak mengikuti program vokasi adalah WNI dengan NIK valid, minimal kepesertaan 1 Tahun pada program BPJS Ketenagakerjaan dan sedang mencari kerja, ter-PHK baik dikarenakan berakhirnya kontrak kerja maupun kejadian tertentu yang dicantumkan dalam perjanjian kerja, usia maksimal 40 tahun,” ujar Tidar.

Sementara bagi BLK yang ingin bekerjasama pihaknya menyaratkan lembaga harus memiliki izin operasional resmi, BLK milik pemerintah maupun swasta, memiliki minimal dua jenis modul pelatihan, dan memiliki kerjasama dengan perusahaan penyerap tenaga kerja.

Nantinya setelah diberikan pelatihan, peserta akan diberikan sertifikat, uang transport, uang saku serta yang terpentin lanjut Tidar, peserta akan diberikan informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan-perusahaan. Muaranya, setelah peserta memiliki kompetensi keahlian, akan terbentuk kekuatan ekonomi di masyarakat lantaran terciptanya SDM yang berkualitas dan bardaya saing.

Akses pelatihan dapat dilihat pada situs www.sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper