Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

OJK Pastikan Cegah Moral Hazard di Tengah Stimulus Corona

OJK akan terus melakukan check and balance agar kebijakan stimulus tersebut tidak menimbulkan moral hazard.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 07 April 2020  |  20:40 WIB
Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso memberikan kata sambutan pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2019 dan Arahan Presiden RI di Jakarta, Jumat (11/1/2019). Bisnis - Nurul Hidayat
Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso memberikan kata sambutan pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2019 dan Arahan Presiden RI di Jakarta, Jumat (11/1/2019). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan akan mencegah moral hazard di tengah kebijakan untuk melawan pandemi virus corona (COVID-19).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Komisaris OJK Wimboh Santoso dalam live streaming rapat bersama Komisi XI DPR, Selasa (7/4/2020). Salah satu yang diperhatikan adalah lembaga keuangan yang telah memiliki masalah sebelum virus corona muncul.

"Lembaga jasa keuangan yang sedang mengalami penyehatan atau akusisi tetap berproses sesuai dengan skema yang ada. Bank-bank [yang bermasalah] ini sebenarnya mungkin skema pembicaraannya sudah lama dan tinggal eksekusi," ujarnya.

Dia pun memastikan OJK akan terus melakukan check and balance agar kebijakan stimulus tersebut tidak menimbulkan moral hazard.

Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Demokrat Vera Febyanti mengatakan stimulus harus diterima sektor lembaga jasa keuangan yang terdampak covid-19. Pemberian stimulus harus dipastikan tidak ditunggangi lembaga jasa keuangan yang sebelumnya mengalami masalah.

Menurutnya, OJK harus mampu memastikan tidak ada moral hazard maupun penumpang gelap dalam kebijakan stimulus di sektor lembaga jasa keuangan.

Vera mencontohkan kepastian kondisi salah satu bank syariah di tengah pandemi covid-19. "Kami minta kepastian kondisi bank yang ada masalah belum kena covid," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr OJK Virus Corona
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top