Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Buruh dari berbagai serikat pekerja melakukan aksi memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Rabu (1/5/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Premium

Badai PHK, Klaim BPJS Ketenagakerjaan Hingga Kartu Prakerja jadi Andalan

09 April 2020 | 17:24 WIB
BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek menyiapkan antrean online untuk memudahkan peserta mengurus klaim program JHT. Sementara, pemerintah menyiapkan bantalan kartu prakerja melalui prakerja.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Video viral perpisahan setelah pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan  PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. (RALS) di Plaza City Depok  ramai di jagad media sosial. Video itu dengan cepat menyebar di berbagai kanal: twitter, facebook dan pesan whatsapp.  

Dalam video berdurasi 1 menit 19 detik ini isak tangis sejumlah perempuan berseragam abu-abu dan jilbab pink pecah. Terhitung mulai Senin (6/4/2020) Ramayana Store tempat mereka biasa bekerja tak lagi beroperasi.  Saling berpelukan, mencoba menguatkan satu dengan lain. Tak peduli lagi dengan imbauan social distancing yang digaungkan pemerintah.

Kabar sedih itu dengan menyebar ke berbagai daerah. Gelombang ketakutan akan adanya PHK besar-besaran akibat wabah corona yang tak juga sudah membuat masyarakat mulai cemas. Susi, (39) warga Padang Sumatera Barat mengaku gelisah karena desas-desus PHK juga mulai terdengar dari perusahaan rekanan suaminya.

“Semoga gelombang PHK tidak merembet ke mana-mana, tak bisa membayangkan masyarakat akan semakin sulit, apalagi di tengah wabah,” ujar Susi kepada Bisnis.com, Kamis (9/4/2020).

Kekhawatiran Susi bukannya tanpa alasan. Kamarin, Rabu (8/3/2020), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencatat hingga 7 April sebanyak 1,2 juta orang pekerja terkena pemutusaan hubungan kerja (PHK) dan di rumahkan akibat melambatnya perekonomian imbas virus corona atau COVID-19.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top