Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pandemi Picu Ketidakpastian Ekonomi, Ini 4 Kiat Kelola Uang dengan Fintech

Pengelolaan uang menjadi hal yang sangat penting dilakukan di tengah ketidakpastian akibat pandemi virus corona.
Karyawan menghitung uang pecahan Rp.100.000 di salah satu Bank yang ada di Jakarta, Senin (4/6/2020)./Bisnis-Abdullah Azzam
Karyawan menghitung uang pecahan Rp.100.000 di salah satu Bank yang ada di Jakarta, Senin (4/6/2020)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Ketidakpastian ekonomi akibat pembatasan sosial, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, memaksa masyarakat untuk kian memperhatikan pengelolaan uangnya.

Direktur Kredivo Anita Wijanto menjelaskan selama masa karantina dengan kecenderungan belanja secara online, penting mengedukasi konsumen agar menjadi konsumen cerdas di tengah pandemi Covid-19.

“Setidaknya terdapat empat hal mendasar yang dapat dilakukan,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (17/4/2020).

Pahami Cara Mengelola Cash Flow
Lebih banyak beraktivitas dari rumah bisa dimanfaatkan untuk membenahi pengelolaan keuangan pribadi. Keberadaan financial technology (fintech) dapat banyak membantu untuk mengelola arus keuangan pribadi di kondisi saat ini, apabila jika tetap diiringi kebijaksanaan pengguna dalam jumlah maupun tujuan peminjaman.

Konsumen tidak boleh impulsif dalam bertransaksi, tetapi harus didasarkan pada kebutuhan. Konsumen juga harus mampu menetapkan batas persentase utang maksimal dari total pendapatan bulanan dan mempertimbangkan tanggungan yang sudah ada sebelum mengambil pinjaman baru.

Tetap Susun Budget Bulanan Secara Normal
Beraktivitas dari rumah bukan berarti budget bulanan membengkak. Pengeluaran yang rutin dikeluarkan untuk kegiatan di luar rumah seperti ongkos transportasi, hangout bersama teman, hingga biaya travelling, dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan dasar yang menunjang produktivitas selama beraktivitas di rumah seperti kebutuhan pokok dan kuota internet atau WIFI.

Perhatikan Legalitas Fintech yang Digunakan
Berbagai fintech yang tersedia pada pilihan pembayaran belanja online pada akhirnya turut meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia melalui inovasi produk dan layanan. Namun, konsumen juga dituntut untuk makin cermat, kritis, dan bijaksana, termasuk  untuk memastikan apakah fintech yang digunakan sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, konsumen juga harus memahami pilihan tenor, tanggal jatuh tempo, jumlah pinjaman pokok dan bunga yang dikenakan, serta mempelajari hak dan kewajiban pengguna.

Gunakan fitur PayLater Apabila Perlu Menunda Pembayaran
Belakangan ini fitur PayLater alias bayar belakangan menjadi alternatif pembayaran yang kian populer, khususnya saat belanja di e-commerce. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan transaksi secara digital dengan kenyamanan dan fleksibilitas pembayaran berkala. Ketika ingin menggunakan layanan PayLater, perhatikan dan cari bunga yang cukup rasional serta terjangkau.

Di tengah pandemi Covid-19, Anita menegaskan pelaku industri dan konsumen mesti bekerja sama dan menyadari peran masing-masing guna menjaga berputarnya roda ekonomi. Di sisi lain, Kredivo melihat sinyal positif bahwa masyarakat Indonesia perlahan bertransformasi menjadi konsumen cerdas, termasuk dengan menggunakan layanan keuangan digital untuk hal yang produktif.

“Lebih dari 20 persen konsumen Kredivo sudah menggunakan pinjaman atau layanan kami untuk kegiatan produktif. Melalui edukasi yang konsisten, kami berharap dapat memberikan kesadaran secara lebih luas lagi, terutama di kondisi saat ini, agar tidak serta merta mendorong masyarakat untuk menjadi konsumen yang impulsif,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper