Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuartal I/2020, Bank CIMB Niaga (BNGA) Cetak Laba Bersih Rp1,1 Triliun

PT Bank CIMB Niaga Tbk. membukukan perolehan laba bersih konsolidasi (unaudited) sebesar Rp1,1 triliun pada kuartal pertama tahun 2020, naik sebesar 11,8% year-on-year (yoy), menghasilkan earnings per share Rp42,33.
Karyawati beraktivitas di salah satu cabang Bank CIMB Niaga di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati beraktivitas di salah satu cabang Bank CIMB Niaga di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk. membukukan perolehan laba bersih konsolidasi (unaudited) sebesar Rp1,1 triliun pada kuartal pertama tahun 2020, naik sebesar 11,8% year-on-year (yoy), menghasilkan earnings per share Rp42,33.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan di tengah kondisi yang menantang akibat pandemi Covid-19, perseroan berhasil meraih pertumbuhan laba bersih dua digit untuk kuartal I/2020 ditopang pertumbuhan pendapatan dan efisiensi biaya.

“Pertumbuhan laba bersih sebesar 11,8 persen (yoy) terutama didukung oleh pendapatan non-bunga sebesar 11,5% (yoy) dan penurunan pada biaya operasional sebesar 2,7% (yoy). Hasilnya, rasio Cost to Income turun menjadi di bawah 48%,” katanya lewat keterangan resmi, Jumat (8/5/2020).

Sementara itu, rasio Loan Loss Coverage (LLC) meningkat menjadi 191,13%, dan biaya provisi naik menjadi 8,7% (yoy). Adapun, rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) CIMB Niaga tercatat sebesar 19,39% per akhir Maret 2020.

Dengan total aset mencapai Rp274,5 triliun per akhir kuartal I/2020, emiten bank berkode saham BNGA ini mampu mempertahankan posisinya sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset.

Tigor melanjutkan, untuk dana murah (CASA) tumbuh 18,8% (yoy) dan berkontribusi terhadap pertumbuhan dana pihak ketiga sebesar 6,3% (yoy). Total penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) tercatat sebesar Rp202,6 triliun dengan rasio CASA sebesar 60,1%.

Secara khusus, dana tabungan mengalami pertumbuhan sebesar 20,3% (yoy) sejalan dengan komitmen perseroan untuk mengembangkan layanan digital dan meningkatkan customer experience.

Dari sisi penyalurn kredit, tercatat pertumbuhan 3,3% (yoy) menjadi Rp194,3 triliun, yang utamanya dikontribusikan oleh segmen bisnis konsumer.

“Kami dapat mempertahankan kepemimpinan yang kuat dalam segmen Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang meningkat 11,6% (yoy), sementara bisnis kartu kredit tumbuh sebesar 8,9% (yoy) sebagai hasil dari pengembangan bisnis akuisisi merchant yang kami lakukan,” kata Tigor.

“Kami baru saja mengumumkan transformasi aplikasi “Go Mobile” menjadi “OCTO Mobile”. Inisiatif ini menandai perubahan digital banking CIMB Niaga, dari aplikasi mobile banking menuju digital banking yang menyediakan fitur lengkap. Layaknya Super App, OCTO Mobile dapat melayani beragam aktivitas finansial nasabah dan memberikan customer experience yang lebih baik,” kata Tigor.

Sementara itu, di segmen perbankan syariah, Unit Usaha Syariah CIMB Niaga atau CIMB  Niaga Syariah berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan mencapai Rp34,5 triliun (tumbuh 23,0% secara tahunan) dan DPK sebesar Rp30,3 triliun (naik 14,4% secara tahunan).

“Fokus kami saat ini adalah meningkatkan likuiditas, menjaga kualitas aset, serta disiplin dalam mengelola biaya. Memasuki tahun kedua inisiatif transformasi Forward 23, saat ini kami berinvestasi dan lebih mendorong untuk meningkatkan customer experience, digitalisasi, serta produktivitas.  Kami terus mengembangkan digital channel  untuk mendukung pemenuhan kebutuhan nasabah, khususnya dalam situasi menantang seperti saat ini,” ungkap Tigor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper