Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditaksir Rp52,4 Triliun, BRI Jadi Merek Perbankan Paling Tinggi di Indonesia

Valuasi merek BRI ditaksir mencapai US$3,5 miliar berdasarkan riset dari Brand Finance
Kantor pusat Bank Rakyat Indonesia/Dok. BRI
Kantor pusat Bank Rakyat Indonesia/Dok. BRI

Bisnis.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) tercatat menjadi bank dengan merek paling bernilai di Indonesia pada riset yang diterbitkan oleh Brand Finance: Banking 500 2020. Kapitalisasi pasar saham Bank BRI juga tercatat masih berada di jajaran kelas kakap atau big caps.

Berdasarkan riset tersebut, valuasi Bank BRI ditaksir mencapai US$3,53 miliar atau senilai Rp 52,15 triliun (asumsi kurs Rp14.892).

Emiten berkode saham BBRI tersebut berada pada posisi ke 81 dari 500 bank terbaik di dunia dan menjadi peringkat teratas merek bank paling bernilai di Indonesia.

Valuasi merek Bank BRI pun meningkat 8 persen dibanding tahun lalu. Pada 2019, nilai merek Bank BRI menurut versi Brand Finance tercatat sebesar US$3,27 miliar.

Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto menyatakan bahwa perseroan bangga dan bersyukur atas pencapaian tersebut. Dia menyebut, nilai merek BRI masih tumbuh di tengah valuasi 500 bank di dunia yang menurun.

“Alhamdulillah nilai brand BRI masih dapat tumbuh, berbanding terbalik dengan kondisi total valuasi merek dari 500 bank di dunia, dimana secara total nilainya turun dari semula US$1,36 triliun di 2019 menjadi US$1,33 triliun pada tahun ini,” imbuhnya dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (28/5/2020).

Di lantai bursa, BBRI memiliki kapitalisasi pasar BBRI dihargai sebesar Rp340,43 triliun. Berdasarkan data Bloomberg pada Kamis (28/5/2020), saham BBRI terus menguat hingga kini berada pada level Rp2.770, naik 5,32 persen atau 140 poin hingga pukul 10.45 WIB. 

Bersamaan dengan BBRI,  PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) juga masuk dalam daftar 100 besar bank dengan merek nilai terbesar versi Brand Finance: Banking 500 2020. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper