Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Muamalat Angkat Bicara Soal Pemberitaan Audit BPK

Achmad K. Permana memastikan bahwa Bank Muamalat hingga saat ini tetap beroperasi secara normal dan menjalankan bisnis seperti biasa.
Direktur Utama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) Achmad Kusna Permana memberikan sambutan dalam acara peluncuran DPLK Syariah Muamalat di Jakarta, Jumat (4/5/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Direktur Utama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) Achmad Kusna Permana memberikan sambutan dalam acara peluncuran DPLK Syariah Muamalat di Jakarta, Jumat (4/5/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. menyampaikan penjelasan mengenai beredarnya kembali berita tentang hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap pengawasan Otoritas Jasa Keuangan atas tujuh bank.

Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan berita yang beredar di media online tanggal 12 Mei 2020 merupakan berita lama tetapi disebarkan kembali atau di-recycle.

Dia memastikan bahwa Bank Muamalat hingga saat ini tetap beroperasi secara normal dan menjalankan bisnis seperti biasa. Berdasarkan laporan keuangan per Maret 2020, rasio keuangan Bank Muamalat juga masih sesuai dengan ketentuan Regulator. Dana nasabah juga tetap aman karena Bank Muamalat merupakan bank peserta penjaminan LPS.

"Saya ingin menyampaikan bahwa saat ini perseroan tetap dalam kondisi yang aman dan nasabah dapat bertransaksi secara normal baik secara online maupun offline. Jadi link berita yang ramai tersebar tersebut sudah out of date dan tidak relevan lagi karena sudah dijelaskan oleh OJK dan BPK secara langsung. Bank Muamalat sendiri juga telah mengeluarkan statement penjelasan pada saat berita itu muncul bulan lalu," katanya seperti dikutip dalam rilis, Rabu (10/6/2020).

OJK juga telah mengeluarkan pernyataan di media pada tanggal 8 dan 9 Mei 2020 yang menyatakan bahwa hasil audit BPK tersebut tidak mencerminkan kualitas pengawasan OJK secara keseluruhan.

OJK juga telah melaksanakan berbagai langkah peningkatan kualitas pengawasan sebagaimana concern dari BPK. Sedangkan BPK juga telah mengeluarkan pernyataan di media.

Dia menambahkan bahwa institusi perbankan, termasuk Bank Muamalat, merupakan the most regulated institution yang tunduk dan bernaung di bawah ketentuan beberapa regulator, termasuk di antaranya adalah OJK, Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, Dirjen Pajak, dan Kementerian Tenaga Kerja.

Selain itu, kata Permana, Bank Muamalat merupakan bank syariah pertama di Indonesia yang memiliki fundamental yang kuat. Baru-baru ini perseroan memperingati milad ke-28 pada tanggal 1 Mei lalu.

Bank Muamalat juga terus mencatatkan prestasi sepanjang tahun ini. Pada bulan Mei 2020 lalu Bank Muamalat memperoleh penghargaan Peringkat 1 Digital Brand Award 2020 dari Majalah InfoBank untuk Bank Syariah buku 2 dan Best Overall Bank Umum Syariah Peringkat 2. Bank Muamalat juga mendapatkan Best Overall Kartu Debit Bank Umum Syariah Peringkat 2.

Sedangkan di kancah internasional, Bank Muamalat juga menerima penghargaan dari The Digital Banker di ajang Digital CX Awards 2020 dan berhasil meraih the Best Customer Experience - ATM untuk Omni Channels serta predikat Highly Acclaimed untuk Best Customer Experience in Islamic Banking. Belum lama ini, Bank Muamalat juga meresmikan Priority Lounge bagi nasabah Muamalat Prioritas di 5 kota di Indonesia secara digital.

"Hal tersebut menunjukan bahwa Bank Muamalat senantiasa berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi para nasabahnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper