Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luncurkan Dana Ventura Sembrani Nusantara, BRI Ventures Incar Rp300 Miliar

PT BRI Ventura Investama (BRI Ventures) meluncurkan dana ventura atau pengumpulan dana investasi dari pemilik modal yang akan disalurkan pada UMKM rintisan berbasis teknologi alias startup.
Ilustrasi/investama.co.id
Ilustrasi/investama.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT BRI Ventura Investama (BRI Ventures) meluncurkan kelolaan baru bernama Dana Ventura Sembrani Nusantara. Pengumpulan dana investasi dari pemilik modal tersebut akan disalurkan pada UMKM rintisan berbasis teknologi alias startup tahap awal, khususnya perusahaan non fintech.

"Nama Sembrani kami ambil dari mitologi Wayang Jawa yakni kuda tunggangan Batara Wisnu. Sedangkan Nusantara adalah nama lain yang menjadi tujuan produk investasi ini yaitu di Indonesia," ujar Chief Executive Officer (CEO) BRI Ventures Nicko Widjaja dalam konferensi pers daring Rabu (24/6/2020).

Setelah resmi diluncurkan, pihaknya akan melakukan roadshow kepada target investor yaitu dari berbagai institusi seperti pengelola dana investasi, perusahaan swasta dan juga perusahaan negara atau pelat merah.

Dana ventura pertama ini ditargetkan mampu meraup modal sampai Rp300 miliar yang akan selanjutnya disalurkan ke berbagai startup nasional. Namun dia mengatakan akan ada serangkaian proses seleksi sebelum modal disuntikkan.

Nicko menuturukan, nantinya pendanaan akan difokuskan untuk seed-growth stage yang terdiri dari seed funding dan pendanaan awal Seri A (Series A). Filosofi investasi yang diusung BRI Ventures yaitu value over valuation, di mana perseroan fokus mencari bisnis dengan fundamental yang kuat.

"Pendanaan akan disalurkan untuk startup yang sudah memiliki produk, menghasilkan pendapatan, dan memiliki strategi bisnis yang jelas menuju profit," jelas Nicko.

Adapun sektor yang menjadi fokus utama Sembrani Nusantara adalah 5 sektor dengan sebutan EARTH, yaitu sektor Pendidikan (Education), agro-maritim (Agro-Maritime), ritel (Retail), transportasi (Transportation) dan Kesehatan (Health) di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper