Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disuntik Rp30 Triliun, Perbanas Ingatkan Bank BUMN Cermat Ekspansi Kredit

Ketua Bidang Pengkajian dan Pengembangan Perbanas Aviliani menilai potensi penyaluran kredit pada masa pandemi virus corona masih cukup tinggi. Namun, penyaluran tetap perlu dilakukan secara hati-hati dengan mempersiapkan semua kondisi ekonomi para debitur.
Logo bank BUMN.
Logo bank BUMN.

Bisnis.com, JAKARTA - Perhimpunan Bank Bank Umum Nasional (Perbanas) berharap transmisi penyaluran kredit secara ekspansif menggunakan penempatan dana pemerintah tidak dilakukan buru-buru oleh bank umum milik negara.

Ketua Bidang Pengkajian dan Pengembangan Perbanas Aviliani menilai potensi risiko penyaluran kredit pada masa pandemi virus corona masih cukup tinggi.

Namun, penyaluran tetap perlu dilakukan secara hati-hati dengan mempersiapkan semua kondisi ekonomi para debitur.

“Tentunya bisa, kalau kita berharap tiga kali lipat dari penempatan dana pemerintah nanti. Namun, perlu banyak strategi yang perlu dipersiapkan. Jangan buru-buru,” katanya, Rabu malam (24/6/2020).

Dia menjelaskan, pemerintah bersama perbankan perlu mempersiapan rantai pasok sektor-sektor yang akan dibiayai nantinya, mulai dari segmen usaha mikro kecil dan menengah hingga korporasi.

Menurutnya, kondisi ini tergolong potensial lantaran impor yang terhambat saat pandemi dan perang dagang.

“Tetapi tetap saja persiapan perlu dilakukan. Minimal pada September tahun ini. Dengan begitu permintaan pemerintah transmisi kredit dalam 3 bulan bisa dilaksanakan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper