Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Tahapan Kookmin Kuasai Bukopin Hingga 67 Persen Saham

Saat ini, Kookmin, bank asal Korea Selatan tersebut mengempit saham Bukopin sebesar 22 persen
Seorang melintas di kantor KB Kookmin Bank Korea Selatan. Kookmin menjadi pemegang saham di PT Bank Bukopin Tbk. sejak 2018./asianbankingandfinance.net/
Seorang melintas di kantor KB Kookmin Bank Korea Selatan. Kookmin menjadi pemegang saham di PT Bank Bukopin Tbk. sejak 2018./asianbankingandfinance.net/

Bisnis.com, JAKARTA - Pemegang saham terbesar kedua PT Bank Bukopin Tbk., KB Kookmin Bank berencana menjadi pemegang saham mayoritas dengan membidik 67 persen saham perseroan.

Saat ini, bank asal Korea Selatan tersebut mengempit saham Bukopin sebesar 22 persen. Sementara, Bosowa Corporindo menjadi pemegang saham terbesar, yaitu dengan 23,34 persen saham.

Adapun, untuk bisa mengenggam 67 persen saham, Kookmin Bank akan meningkatkan porsi dari 22 persen ke 26 persen dalam Penawaran Umum Terbatas (PUT) V Bank Bukopin tahun ini.

Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A. Purwantono mengatakan Kookmin Bank dapat memiliki porsi kepemilikan 26 persen karena pemerintah tidak akan menggunakan haknya dalam PUT V. Kookmin Bank penjadi pembeli siaga jika pemegang saham lain tidak melaksanakan haknya dalam PUT V.

"Kami lakukan banyak skema. Kookmin Bank tetap dapat menjadi PSP lantaran pemerintah tidak akan menyerap haknya," katanya, Kamis (2/7/2020).

Rivan melanjutkan pemegang saham lain tetap memiliki kemampuan untuk menyerap semua haknya. Di samping itu, dia menyebutkan Kookmin Bank juga sedang mempersiapkan rencana untuk menjadi pemegang saham mayoritas.

"Bahkan paling maksimal untuk yang 67 persen kami pun targetkan tahun ini dengan penambahan modal tanjutan," imbuhnya.

Kookmin Bank juga menyatakan sedang melanjutkan proses penambahan kepemilikan sahamnya hingga menjadi pemilik mayoritas Bukopin melalui mekanisme yang sedang dibahas dengan regulator.

Managing Director Kookmin Bank, sekaligus Komisaris Bank Bukopin, Chang Su Choi pun mengonfirmasi bahwa pihaknya akan menjadi pengendali BBKP.

"Dengan demikian, kami pun akan cepat melakukan transformasi dan transfer knowladge guna pengembangan Bank Bukopin ke depan," katanya.

Berdasarkan bahan paparannya, KB Kookmin Bank merupakan bagian dari KB Financial Group yang melayani segmen retail banking, corporate banking, dan SME banking.

Saham KB Financial Group tercatat di Korea Exchange (KRX) sejak 10 Oktober 2008 dan di New York Stock Exchange (NYSE) sejak 29 September 2008.

Per 31 Desember 2019, KB Kookmin Bank melayani 31,5 juta nasabah dan mengembangkan aplikasi perbankan digital dan platform mobile Star Banking dengan basis nasabah sebanyak 15,5 juta pengguna.

Total aset KB Kookmin Bank mencapai 387,4 triliun Korea Won (KRW) atau setara Rp4.672 triliun, tumbuh 8,5 persen secara tahunan. Pada periode yang sama, laba bersih Kookmin Bank mencapai 2.439,1 miliar KRW atau setara Rp29,41 triliun, meningkat 8 persen secara tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper