Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hexana Tri Sasongko menyebut nasib pengembalian dana nasabah akan sangat tergantung pada dana yang dikucurkan pemerintah. (Antara - Muhammad Adimaja)
Premium

Dirut Jiwasraya: Kami Punya Iktikad untuk Membayar, Cuma Kemampuannya Terbatas

13 Juli 2020 | 08:15 WIB
Dirut Jiwasraya membeberkan soal kondisi terbaru perusahaan. Pemenuhan kewajiban kepada nasabah akan sangat bergantung pada dana dari pemerintah. Bagaimana ya nasib ke depannya?

Bisnis.com, JAKARTA — Persoalan gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) masih belum menemui titik terang. Untuk mengetahui kondisi Jiwasraya dan langkah penyehatan yang akan ditempuh, Bisnis mewawancarai Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko yang berlangsung pada Kamis (9/7/2020). Berikut petikannya.

Sebenarnya bagaimana kondisi Jiwasraya saat ini?

Saya mengatakan untuk menyehatkan perusahaan ini, apa sih yang harus dilakukan? Saya katakan, perusahaan ini harus direstrukturisasi. Ingat kan? Saya melakukan turn around, apa? Orientasi bisnisnya.

Kedua, setelah bisnisnya diperbaiki, tidak cukup. Harus ada penguatan permodalan. Itu domain-nya siapa? Pemegang saham. Terus dibalik, kalau pemegang saham inject (modal), memperkuat modal, selamat enggak perusahaan ini? Saya jawab tidak. Kenapa? Karena harus diperbaiki dulu perusahaannya.

Restrukturisasi kami bagi menjadi dua, yaitu menyehatkan portofolio eksisting, baik yang tradisional maupun saving plan. Yang tradisional itu terutama yang korporasi. Itu harus disehatkan menjadi, yang bahasanya Pak Tiko (Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoadmodjo), diwajarkan dalam modelling dan pricing terutama.

Kenapa begitu? Karena janji yang diberikan itu bersifat garansi dan jujur saja tidak mungkin bisa di-cover dari investasi keuangan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top