Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bankir Mandiri Tersebar di Bank BUMN. Ini Alasannya?

Selain Royke Tumilaar yang menjabat sebagai Dirut BNI, bankir Bank Mandiri juga menduduki posisi tinggi di bank BUMN lainnya. Misalnya, Dirut BRI Sunarso dan Dirut BTN Pahala Mansury.
Nasabah mengambil uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri di nJakarta, Selasa (10/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Nasabah mengambil uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri di nJakarta, Selasa (10/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Para bankir PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. saat ini menempati posisi penting di sejumlah Bank Himbara dan perusahaan milik pemerintah.

Paling anyar, Menteri BUMN Erick Tohir menunjuk Dirut Bank Mandiri Royke Tumilaar menjadi Dirut PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Hal itu karena pertimbangan di tengah pandemi Covid-19, isu keuangan dan perbankan sangat penting.

Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance Mas Achmad Daniri menilai penerapan Good Corporate Governance (GCG) yang dilakukan manajemen Bank Mandiri Group mampu membentuk bankir yang berdedikasi, loyal, dan berdaya saing. Kondisi ini membuat bankir Mandiri Group dapat ditempatkan di mana saja.

Daniri menyebutkan bahwa kinerja Bank Mandiri dapat disejajarkan dengan bank-bank asing papan atas yang beroperasi di negeri ini karena telah menjadi candradimuka para bankir di Indonesia.

"GCG yang diterapkan di Bank Mandiri tetap dijadikan sebagai rujukan meskipun mereka pindah ke tempat lain. Zaman dulu, Citibank dijadikan sebagai candradimuka bagi para bankir, sekarang Bank Mandiri menjadi seperti Citibank. Jebolan Bank Mandiri dipakai bank-bank lain, bahkan di perusahaan nonbank," katanya seperti dikutip dalam rilis, Jumat (4/9/2020).

Menurut Daniri, di Bank Mandiri juga terdapat subsidiary governance – induk dan anak perusahaan – yang tertata dengan baik sehingga menyatu dengan semangat kerja di institusi itu.

“Sebab banyak anak dan cucu perusahaan ada di Bank Mandiri. Mereka secara khusus membuat semacam pedoman subsidiary governance yang kemudian disahkan pada RUPS Bank Mandiri, dan ini tertata dengan baik," jelas dia.

Bank Mandiri sebagai bank milik pemerintah dinilai sukses menjadi modern dan sekaligus juga sebagai center of excellence.

Dia menambahkan, apabila mengikuti Undang Undang Perseroan Terbatas (UU PT), filosofinya adalah separate entity, pengelolaan dan aset perusahaan diatur secara terpisah supaya perusahaan mengatur dirinya sendiri.

“Berarti bagus pola pengaturan Bank Mandiri sehingga solid. Ke mana pun mereka pergi, pengaturannya tetap sama dan solid," sebutnya.

Adapun, selain Royke yang menjabat sebagai Dirut BNI, bankir Bank Mandiri juga menduduki posisi tinggi di bank BUMN lainnya. Misalnya, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sunarso dan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Pahala Mansury.

Selain Royke Tumilaar, ada juga diaspora Bank Mandiri yang ditugaskan di BNI yaitu, Silvano Rumantir sebagai Direktur Corporate Banking, David Pirzada sebagai Direktur Manajemen Risiko, Muhammad Iqbal sebagai Direktur Bisnis UMKM, dan Novita Widya Anggraini sebagai Direktur Keuangan.

Sementara, di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terdapat tiga bankir jebolan Bank Mandiri, yaitu Sunarso sebagai Direktur Utama, Agus Sudiarto sebagai Direktur Manajemen Risiko, dan Handayani sebagai Direktur Konsumer.

Adapun, di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. sedikitnya ada empat bankir Bank Mandiri yang dipercayakan untuk menduduki posisi puncak.

Mereka adalah Pahala Mansyuri selaku Direktur Utama, Setyo Wibowo sebagai Direktur Enterprise Risk, Big Data & analytic, Jasmin sebagai Direktur Distribusi dan Ritel Funding, dan Nixon Napitupulu sebagai Direktur Keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper