Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Tim SP Bumiputera 1912 di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. - Dok. Serikat Pekerja
Premium

Serikat Pekerja Bumiputera Gugat OJK, Apa Materinya?

08 September 2020 | 11:17 WIB
Gugatan Serikat Pekerja Niaga, Bank, Jasa, dan Asuransi Asuransi Jiwa Bersama (SP NIBA AJB) Bumiputera 1912 dilakukan pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan perkara No. 470/Pdt.G/2020/PN Jkt.Pst.

Bisnis.com, JAKARTA - Serikat Pekerja Niaga, Bank, Jasa, dan Asuransi Asuransi Jiwa Bersama (SP NIBA AJB) Bumiputera 1912 menggugat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Pengadilan Jakarta Pusat. Sidang perdana perkara ini dimulai pada pekan lalu, Rabu (2/9/2020).

Lalu apa yang di gugat serikat karyawan terhadap OJK?

Bisnis memperoleh salinan permohonan gugatan ini. Dalam permohonannya, serikat pekerja yang diwakili oleh Rizky Yudha Pratama sebagai ketua, menyebutkan bahwa Otoritas Jasa Keuangan memiliki kewajiban untuk bertindak profesional dan menjalankan prinsip kehati-hatian termasuk membuat pokok regulasi yang mengatur dan menentukan kondisi kesehatan AJB Bumiputera 1912.

Juga disebutkan, OJK juga seharusnya menyadari kecenderungan terjadinya perbuatan korup hingga penyalahagunaan kewenangan dalam manajemen AJB Bumiputera.

"Memikirkan adanya regulasi yang mencegah atau setidaknya meminimalisir peluang terjadinya kegagalan AJB Bumiputera 1912 memenuhi kewajiban hukumnya kepada pemegang polis," tertulis dalam surat gugatan yang dikutip Selasa (8/9/2020).

Termasuk di dalamnya OJK juga pihak yang ditugaskan memberi arahan petunjuk dan output atas semua produk yang dijual AJB Bumiputera 1912 kepada masyarakat.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top