Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Disebut dalam FinCEN Files, Begini Tanggapan Citibank

Citibank N.A. masuk dalam daftar bank di Indonesia yang diduga menjadi tempat lalu lalang transaksi mencurigakan berdasarkan laporan Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN).
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 22 September 2020  |  18:35 WIB
Kantor Citibank di New York. - Bloomberg / Mark Kauzlarich
Kantor Citibank di New York. - Bloomberg / Mark Kauzlarich

Bisnis.com, JAKARTA -- Citibank N.A. Indonesia menyatakan selalu melaporkan kegiatan keuangan yang mencurigakan ke otoritas perbankan yang berwenang.

Adapun Citibank N.A. masuk dalam satu dari 19 nama bank di Indonesia yang diduga menjadi tempat lalu lalang transaksi mencurigakan berdasarkan laporan Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN).

"Merupakan komitmen kami untuk melindungi dan menegakkan integritas sistem keuangan yang berlaku. Oleh karenanya, kami senantiasa melaporkan kegiatan keuangan yang mencurigakan ke otoritas perbankan yang berwenang," ujar Country Head of Corporate Affairs Citibank N.A. Indonesia Puni A. Anjungsari kepada Bisnis, Selasa (22/9/2020).

Namun, karena sifat laporan FinCEN yg seharusnya bersifat rahasia, perusahaan pun tidak dapat memberikan komentar ataupun konfirmasi atas laporan atau transaksi yang disebutkan.

"Dikarenakan sifat laporan FinCEN yang seharusnya bersifat rahasia, maka saat ini kami tidak dapat memberikan komentar ataupun konfirmasi atas laporan atau transaksi yang disebutkan," tambah Puni.

Perlu diketahui, bocoran laporan FinCEN tersebut diperoleh Konsorsium Internasional Jurnalis Investigasi (ICIJ) dan Buzzfee News. FinCEN sendiri merupakan lembaga intelijen keuangan di bawah Departemen Keuangan Amerika Serikat.

Dikutip dari laman ICIJ pada Selasa (22/9/2020), terdapat 496 transaksi yang diambil dari File FinCEN yang menunjukkan transaksi janggal mengalir ke dan dari Indonesia senilai total US$504,66 juta atau setara Rp7,46 triliun.

Secara rinci, uang yang masuk ke Indonesia senilai US$218,50 juta, sedangkan yang ditransfer senilai US$286,16 juta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

citibank Transaksi Mencurigakan fincen files
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top