Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Rohan Hafas, Dulu Corporate Secretary Kini Jadi Direktur Bank Mandiri

Dia menggantikan Donsuwan Simatupang yang sebelumnya mengisi posisi tersebut. Bersama dengan 10 direktur lainnya, Rohan memperkuat manajemen direksi dipimpin Darmawan Junaidi, yang juga baru ditunjuk sebagai Direktur Utama perseroan.
Rohan Hafas, diputuskan menjadi Direktur Hubungan Lembaga dalam RUPSLB PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., yang dilakukan pada Rabu (21/10/2020). /Sumber: bankmandiri.co.id
Rohan Hafas, diputuskan menjadi Direktur Hubungan Lembaga dalam RUPSLB PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., yang dilakukan pada Rabu (21/10/2020). /Sumber: bankmandiri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menunjuk Rohan Hafas menjadi Direktur Hubungan Lembaga.

Dia menggantikan Donsuwan Simatupang yang sebelumnya mengisi posisi tersebut. Bersama dengan 10 direktur lainnya, Rohan memperkuat manajemen direksi dan pengurus dipimpin Darmawan Junaidi, yang juga baru ditunjuk sebagai Direktur Utama perseroan.

Sebelum masuk dalam jajaran direksi, jabatan Rohan adalah sebagai Senior Executive Vice President (SEVP) di Bank Mandiri. Promosi itu didapatkannya pada Maret 2020 lalu, yang sekaligus mengakhiri jabatannya saat itu sebagai Corporate Secretary.

Rohan meraih gelar sarjana di bidang manajemen dari Universitas Indonesia pada tahun 1987. Dia memang tidak mengawali karirnya dari bawah di emiten berkode saham BMRI itu. Tercatat masuk ke BMRI sejak enam tahun lalu, Rohan langsung didapuk menjadi Corporate Secretary pada September 2014. 

Namun, karier perbankannya telah dimulai jauh sebelum bergabung dengan Bank BUMN papan atas tersebut. Pria kelahiran 2 Juni 1961 ini juga pernah berkarir di sejumlah bank.

Sebelumnya, dia berkarir di PT Bank Mutiara Tbk. sejak Februari 2010 sebagai Division Head of Corporate Secretary. Rohan juga pernah menjabat sebagai Direktur Operasional PT Daria Dharma dari 2005 sampai dengan Januari 2010.

Sebelum benar-benar ditunjuk dalam jajaran direksi Bank Mandiri, Rohan merupakan salah satu bankir senior di perseroan yang pernah digadang-gadang masuk dalam bursa calon direksi BMRI saat ada perombakan pengurus dan direksi pada Januari 2019 lalu.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan mengatakan penunjukan bankir internal untuk mengisi pucuk pimpinan perseroan merupakan bentuk kepercayaan pemegang saham kepada sistem pengembang sumber daya manusia di BMRI dalam pembentukan talenta terbaik untuk dapat membawa perseroan jadi institusi keuangan terbaik di Tanah Air.

“Dengan komposisi direksi ini, kami optimis jajaran direksi akan semakin solid dan kompak dalam membawa Bank Mandiri mengarungi kondisi perekonomian di tengah pandemi covid-19. Apalagi tantangan di industri perbankan terus meningkat karena ketidakpastian ekonomi ke depan, persaingan usaha yang semakin ketat serta perkembangan teknologi finansial dalam berbagai aspek kehidupan sehingga dibutuhkan solusi inovatif untuk memastikan pertumbuhan bisnis yang sehat dan berkesinambungan,” kata Rully Setiawan.

Selain Rohan, berikut ini susunan lengkap jajaran direksi Bank Mandiri yang terbaru: 

Direktur Utama : Darmawan Junaidi*
Wakil Direktur Utama : Alexandra Askandar*
Direktur Hubungan Lembaga : Rohan Hafas*
Direktur Operasional : Toni Eko Boy Subari*
Direktur Treasury : Panji Irawan
Direktur Keuangan : Sigit Prastowo*
Direktur Korporasi : Susana Indah*
Direktur Manajemen Risiko : Siddik Badruddin
Direktur IT: Rico Usthavia
Direktur SDM: Agus Dwi Handaya
Direktur Komersial: Riduan
Direktur Jaringan: Aquarius Rudianto


*Berlaku efektif setelah melalui proses Fit & Proper Test oleh Otoritas Jasa Keuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper