Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BCA Gandeng Akseleran Salurkan Pinjaman Rp30 Miliar ke UMKM

Akseleran akan menjadi jembatan yang menghubungkan antara debitur UMKM dengan BCA sebagai pemberi pinjaman modal usaha melalui skema channeling.
Nasabah melakukan transaksi di salah satu Kantor Cabang Bank BCA di Jakarta, Rabu (23/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Nasabah melakukan transaksi di salah satu Kantor Cabang Bank BCA di Jakarta, Rabu (23/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menjalin kerja sama dengan fintech peer-to-peer lending PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia atau Akseleran dalam penyaluran kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Freddy Iman selaku Kepala Divisi Bisnis Komersial dan SME BCA menjelaskan bahwa sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM, sinergi yang terjalin dengan Akseleran menjadi kiprah yang esensial di tengah situasi yang serba tidak menentu saat ini.

"Pemahaman akan kesamaan value yang dimiliki antara BCA dan Akseleran menjadi latar belakang terjalinnya sinergi ini. Kami akan menjadi Institutional Lender Akseleran serta memberikan dukungan dan mengakuisisi pembiayaan terhadap debitur-debitur UMKM yang bernaung di Akseleran guna membangkitkan kembali perekonomian,” ujar Freddy dalam keterangan resmi, Selasa (17/11/2020).

Akseleran akan menjadi jembatan yang menghubungkan antara debitur UMKM dengan BCA sebagai pemberi pinjaman modal usaha melalui skema channeling. Terhitung mulai November ini, BCA memulai sinergi dengan Akseleran dengan limit produktif sebesar Rp30 miliar bagi UMKM yang bisnisnya sedang berkembang.

"Kami optimis kerja sama dengan Akseleran dapat memberikan dampak yang positif dalam pengembangan sektor UMKM yang ada di Indonesia. Terlebih di situasi pandemi ini, kemunculan UMKM yang semakin masif tentunya membutuhkan bantuan permodalan," tambahnya.

Mikhail Tambunan, Chief Financial Officer & Co-Founder Akseleran mengatakan bahwa kerja sama Akseleran dari fintech P2P Lending dengan BCA dari perbankan, tidak hanya menciptakan sinergi yang semakin kuat antara kedua belah pihak.

Melainkan juga untuk mewujudkan akselerasi manfaat ekonomi melalui sebanyak-banyaknya para pelaku usaha UMKM di seluruh Indonesia yang maju lebih cepat.

Mikhail menjelaskan, hingga awal November 2020, Akseleran sudah menyalurkan total pinjaman usaha secara kumulatif sebesar lebih dari Rp1,6 triliun dan didukung oleh lebih dari 150 ribu pemberi pinjaman atau lender retail/perorangan yang tersebar merata dari Aceh hingga Papua.

"Pada bulan Oktober kemarin, penyaluran pinjaman Akseleran per bulan menembus angka Rp115 miliar dan menjadi yang terbesar sejak 2017. Pertumbuhan penyaluran pinjaman usaha tersebut juga sejalan dengan upaya kami lainnya untuk terus secara konsisten menjaga kualitas kredit pinjaman," tambah Mikhail.

Tercatat saat ini, total nonperforming loan atau tingkat wanprestasi pengembalian pinjaman 90 hari (TWP90) Akseleran masih hanya berada di angka 0,21 persen dari total pinjaman usaha yang sudah disalurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper