Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Dorong Zakat Jadi Sumber Pembiayaan Produktif saat Pandemi

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong peran Forum Zakat Dunia guna turut memperkuat ekonomi Islam di tengah pandemi Covid-19.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat mengisi diskusi ekonomi dan perbankan syariah di era new normal / Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat mengisi diskusi ekonomi dan perbankan syariah di era new normal / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong pengerahan zakat agar menjadi sumber pembiayaan bagi modal kerja masyarakat yang terdampak Covid-19.

Dia mengatakan peran Forum Zakat Dunia guna turut memperkuat ekonomi Islam sangat diperlukan. Hal ini disampaikan dalam Konferensi Internasional World Zakat Forum, Senin (30/11/2020).

Menurutnya, akibat pandemi Covid-19 sektor riil juga terdampak lebih dahulu. Di sektor rumah tangga, masyarakat mengurangi atau menunda aktivitas ekonomi seperti konsumsi.

Perlambatan ekonomi kemudian berdampak pada sektor korporasi di mana terjadi pengurangan aktivitas produksi dan investasi yang berimbas pada pengurangan tenaga kerja. Hal ini perlu ditangani serius untuk menghindari terimbasnya krisis di sektor finansial.

“Peran Forum Zakat Dunia untuk turut memperkuat ekonomi Islam juga sangat diperlukan, terutama dalam mendorong pemanfaatan sumber pembiayaan alternatif untuk membantu memberikan modal kerja bagi pelaku usaha,” ungkap Wapres Ma'ruf.

Menurut laporan dari State of the Global Islamic Economy Report 2020/21, perlambatan ekonomi Islam Global tidak separah dibandingkan perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia secara keseluruhan.

Pertumbuhan ekonomi dunia pada masa pandemi Covid-19 di tahun 2020 diperkirakan mengalami kontraksi 5,2 persen, sedangkan ekonomi Islam global hanya mengalami kontraksi 2,5 persen.

Data yang sama juga menunjukkan pertumbuhan industri makanan dan minuman halal global diperkirakan hanya akan mengalami kontraksi sebesar 0,2 persen, diikuti oleh industri kosmetik sebesar 2,5 persen dan industri busana muslim global sebesar 2,9 persen.

Dengan demikian, Wapres Ma'ruf meyakini bahwa zakat dapat berperan membantu pemulihan pascapandemi Covid-19.

Selain meningkatkan gerakan zakat, diperlukan pula tata kelola mulai dari pengumpulan, pengelolaan, penyaluran sampai pelaporan zakat yang baik agar semakin meningkatkan kepercayaan publik.

Forum Zakat Dunia adalah wadah bagi 33 negara sebagai bentuk kesadaran untuk menyelenggarakan zakat secara kelembagaan dan formal. Forum Zakat Dunia bertujuan mengembangkan praktik zakat di seluruh dunia.

Sekretaris Jenderal Forum Zakat Dunia diduduki oleh Bambang Sudibyo yang merupakan mantan Menteri Keuangan pada era Gus Dur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper