Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Salah satu lokasi pertambangan batu bara di Kalimantan Timur. - JIBI/Rachmad Subiyanto
Lihat Foto
Premium

Komoditas Batu Bara Merona, Tapi Bank Makin Selektif Salurkan Kredit Pertambangan?

Komoditas batu bara tengah mencuri perhatian lantaran harganya tengah naik. Hal ini berdampak positif kepada korporasi produsen komoditas tersebut. Namun, apakah meronanya komoditas batu bara itu membuat perbankan longgar dalam memberikan kredit?
Asteria Desi K. & M. Richard
Asteria Desi K. & M. Richard - Bisnis.com
04 Desember 2020 | 18:14 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) perbankan mengalami kenaikan selama pandemi virus corona atau Covid-19. Sektor industri pertambangan menjadi salah satu sektor pendorong utama kenaikan NPL perbankan.

Hal tersebut menjadi salah satu pendorong perbankan sangat selektif atau berhati-hati dalam menyalurkan kredit untuk sektor tambang. 

Sampai dengan kuartal III/2020, Otoritas Jasa Keungan (OJK) mencatat NPL gross perbankan mencapai 2,09 persen. Angka tersebut naik cukup tinggi dibandingkan dengan akhir tahun lalu yang berada pada level di bawah 1,5 persen. 

Adapun, per September 2020, NPL untuk sektor pertambangan dan penggalian mencapai Rp8,14 triliun dari total kredit yang disalurkan sebanyak Rp149,08 triliun. Capaian itu naik dari periode yang sama tahun lalu di mana NPL sektor itu sebesar Rp4,02 triliun dari kredit yang disalurkan sebesar Rp129,72 triliun.

Peneliti Senior Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan kredit perbankan untuk sektor pertambangan memang sudah mengalami penurunan secara signifikan sejak lima tahun lalu atau ketika harga barang komoditas terutama tambang turun drastis.

"Banyak pengusaha tambang yang menutup tambangnya dan NPL di sektor pertambangan meningkat sangat tinggi. Hal ini mendorong bank-bank menghentikan penyaluran kredit untuk sektor pertambangan," kata Piter saat dihubungi Bisnis Jumat (4/12/2020). 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top