Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsolidasi BRI, PNM, Pegadaian, Erick Thohir: UMKM Bisa Dapat Bunga Murah

Erick Thohir menekankan agar lembaga keuangan pelat merah, dalam hal ini BRI, Pegadaian dan PNM, mampu memberikan tingkat bunga yang rendah bagi pelaku UMKM, bukan hanya kepada pelaku usaha besar.
Menteri BUMN Erick Thohir ketika memberikan paparan dalam Indonesia Digital Conference 2020 yang diadakan secara daring, Rabu (16/12/2020)./Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir ketika memberikan paparan dalam Indonesia Digital Conference 2020 yang diadakan secara daring, Rabu (16/12/2020)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menginginkan agar pelaku usaha ultramikro, mikro, kecil, dan menengah mampu mengakses bunga pinjaman atau pembiayaan yang lebih murah. Hal itu menjadi salah satu alasan di balik rencana konsolidasi antara tiga perusahaan pelat merah, Bank BRI, PNM dan Pegadaian. 

"Salah satunya yang ditekankan di sini adalah bunga, jangan sampai pelaku usaha kecil mendapatkan bunga pinjaman yang mahal, sementara pengusaha besar mendapatkan bunga kredit yang murah," katanya dalam seminar daring di Jakarta, Rabu (16/12/2020). 

Menurut dia, kondisi seperti itu disebabkan struktur keuangan lembaga tersebut. Dia mencontohkan, Permodalan Nasional Madani (PNM) menerbitkan surat utang untuk kebutuhan pemberian dana pinjaman, yang tingkat bunganya bisa mencapai sembilan persen. Di sisi lain, Bank BRI dengan pasar yang besar mampu memberikan tingkat bunga yang lebih rendah hingga tiga persen.

"Hal ini tentu kita ingin juga memastikan Bank BRI yang besar juga bisa membantu PNM untuk supaya bisa memfasilitasi pelaku usaha kecil mendapatkan bunga atau sistem bagi hasil yang jauh lebih baik. Jangan seperti bandul yang berat atau condong kepada pengusaha-pengusaha besar, namun pelaku usaha kecil justru mendapatkan pembiayaan atau pinjaman yang lebih mahal," katanya.

Menteri BUMN berupaya menggabungkan satu data ultramikro dan UMKM dengan upaya agar pengusaha UMKM bisa naik kelas.

"Pelaku usaha ultramikro yang tadinya unbankable kemudian bisa naik kelas menjadi bankable. Pelaku usaha kecil yang sebelumnya hanya mendapatkan pinjaman Rp2 juta kemudian bisa naik kelas dengan mendapatkan pinjaman Rp50 juta," katanya.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan tujuan konsolidasi Bank BRI, PT Permodalan Nasional Madani (PNM), dan PT Pegadaian, adalah untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas.

Dia menjelaskan untuk pelaku UMKM yang saat ini masih unbankable akan diberikan akses pinjaman dengan nilai berkisar Rp2 juta sampai dengan Rp10 juta. Kemudian, jika nilai pinjamannya meningkat di kisaran Rp20 sampai dengan Rp30 juta, akan dibantu oleh Pegadaian. Terakhir,  kalau pelaku UMKM tersebut sudah bisa melakukan pinjaman Rp50 juta, maka Bank BRI yang masuk.

Erick Thohir mengatakan keberpihakan terhadap pelaku UMKM ini tidak hanya lips service, sehingga harus dijalankan, terutama dalam kondisi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Ropesta Sitorus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper