Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Moncer, Bank DKI Raih Anugerah Syariah Award 2020

Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI menunjukkan kinerja yang positif. Hal ini terlihat dari beberapa indikator, misalnya penyaluran kredit, aset, hingga laba.
Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI / Sumber: Dok. Bank DKI
Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI / Sumber: Dok. Bank DKI

Bisnis.com, JAKARTA - Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI meraih penghargaan Anugerah Syariah Republika 2020 (ASR 2020) pada kategori Regional Terbaik.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini mengapresiasi penghargaan Anugerah Syariah Award 20202 yang diterima perseroan di tengah pandemi Covid-19.

“Bank DKI mengucapkan terima kasih atas apresiasi penghargaan yang telah diberikan. Penghargaan ini menjadi penanda bahwa kepercayaan pemangku kepentingan termasuk nasabah yang kian meningkat kepada usaha syariah Bank DKI” ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers, Senin (21/12/2020).

Dia menuturkan penghargaan Anugerah Syariah Republika 2020 diberikan kepada Bank Umum Syariah BUKU 1, BUKU 2, BUKU 3, BPD Syariah dan Unit Usaha Syariah.

Menurutnya, penghargaan yang diberikan meliputi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah terbaik, paling efisien, dan dan paling inovatif.

"penilaian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif," jelasnya.

Herry menyampaikan Unit Usaha Syariah Bank DKI tetap menunjukkan kinerja yang positif. Adapun, realisasi penyaluran pembiayaan meningkat 25,58 persen dari Rp4,3 triliun per September 2019 menjadi Rp5,4 triliun per September 2020 (yoy).

Lebih lanjut, pembiayaan pada sektor komersial & korporasi juga mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 45,45 persen dari Rp2,2 triliun per September 2019 menjadi Rp3,2 triliun per September 2020 (year on year/yoy).

Selain itu, dia mengatakan pembiayaan Multi Guna iB juga masih menjadi primadona bagi ASN Pemprov DKI Jakarta.

Hal tersebut terbukti melalui angka perolehan kredit konsumer yang masih menunjukkan pertumbuhan 5,5 persen dari Rp1,8 triliun per September 2019 menjadi sebesar Rp1,9 triliun per September 2020. Aset UUS Bank DKI tercatat meningkat positif sebesar 29,9 persen dari Rp4,4 triliun per September 2019 menjadi Rp5,8 triliun per September 2020.

Dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK), UUS Bank DKI menunjukkan pertumbuhan yang baik sebesar 118.75 persen dari semula tercatat sebesar Rp1,6 triliun per September 2019 menjadi Rp3,5 triliun per September 2020.

"Berbagai indikator pencapaian kinerja tersebut mampu mendorong pertumbuhan laba UUS Bank DKI sebesar 15,9 persen dari Rp227,3 miliar per September 2019 menjadi Rp263,5 miliar per September 2020," lanjutnya.

Unit Usaha Syariah Bank DKI juga dipercaya untuk menyalurkan dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) Pemprov DKI Jakarta kepada 3.200 masjid, 2.000 mushalla, 3.200 marbot dan 3.200 Imam, melalui tabungan Monas iB perorangan dan non perorangan.

Penyaluran bantuan tersebut merupakan komitmen Bank DKI dalam mendukung program Pemprov DKI Jakarta serta implementasi atas Keputusan Gubernur Nomor 209 Tahun 2019.

Dalam mengembangkan bisnis, Herry menuturkan UUS juga membangun sinergi dengan BUMD DKI Jakarta termasuk diantaranya dengan PD Dharma Jaya.

Sinergi dengan PD Dharma Jaya tersebut meliputi optimalisasi layanan perbankan syariah termasuk memberikan kemudahan kepada karyawan PD Dharma Jaya untuk mengikuti program ibadah Haji atau Umroh.

"Lewat UUS, Bank DKI juga siap mendukung pemasaran hewan qurban yang disediakan Dharma Jaya," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper