Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Azuarini Diah Parwati, Chief Partnership Distribution Officer MNC Life. - Istimewa
Premium

SOSOK BISNIS: Azuarini, Esensi Asuransi dan Peluang Bancassurance pada 2021

02 Januari 2021 | 23:03 WIB
Otoritas Jasa Keuangan dalam sejumlah kesempatan menyebutkan akan mengatur ulang bisnis bancassurance. Bagaimana peluang perusahaan asuransi untuk mendapatkan bisnis pada jalur distribusi pada 2021 ini?

Bisnis.com, JAKARTA – Industri asuransi mengalami tantangan besar di tengah pandemi Covid-19. Saat pendapatan masyarakat berkurang, asuransi menjadi salah satu sektor yang biasanya mengalami pengurangan bujet.

Secara bersamaan pada 2020, di tengah krisis ekonomi jatuhnya sejumlah perusahaan asuransi jiwa tertua seperti Jiwasraya dan AJB Bumiputera di Tanah Air makin mengemuka. Ini diikuti sejumlah asuransi lainnya, sehingga industri ini mendapat sorot lebih dari pengawas keuangan.

Salah satu yang disorot adalah produk asuransi yang dijual lewat kanal perbankan atau lebih dikenal dengan bancassurance. Otoritas Jasa Keuangan sebagai pengawas tertinggi bahkan mengumumkan akan melakukan pembatasan meski belum menyampaikan detail pengaturan pembatasan yang akan dilakukan.

Bisnis.com berbincang secara virtual dengan Azuarini Diah Parwati, Chief Partnership Distribution Officer MNC Life untuk melihat peluang bisnis bancassurance di tengah tantangan regulasi dan sentimen atas industri asuransi jiwa melalui saluran digital, Sabtu (2/1/2021). Berikut petikannya:

 Bagaimana prospek bisnis bancassurance dalam industri asuransi pada 2021 mendatang? Masihkah bisa tumbuh seiring pulihnya pasar modal?

Berdasarkan statistik pelaku industri asuransi, pemasaran melalui jalur distribusi konvensional [tatap muka] mengalami penurunan cukup signifikan pada 2020. Pada kuartal III/2020, premi [bancassurance] dari jalur konvensional turun secara year-on-year/yoy –19,3 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top