Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Tahun Baru, Simak 21 Tips Lengkap Mengatur Keuangan

Salah satu cara untuk mengurangi utang adalah menghasilkan lebih banyak uang dan menggunakan uang tunai ekstra untuk melunasi tagihan-tagihan yang mengganggu itu.
Cara mengatur keuangan memasuki 2021, agar terbebas dari utang dan meningkatkan kualitas keuangan pribadi./ilustradi
Cara mengatur keuangan memasuki 2021, agar terbebas dari utang dan meningkatkan kualitas keuangan pribadi./ilustradi

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun baru telah tiba. sekarang waktunya untuk kita membuat rencana dalam mengembalikan keuangan pribadi ke jalur yang benar. Jangan lupa ingat bahwa 2021 sebagai awal yang baru untuk menyelesaikan masalah uang kita selama ini.

Berikut adalah 21 resolusi uang yang harus dilakukan agar membantu kita dalam memangkas utang serta membangun dana tabungan darurat yang penting.

Bagaimana pun, banyak orang membutuhkan sejumlah besar uang yang disisihkan untuk membantu mengatasi kemunduran finansial yang tidak terduga.

Dilansir dari USA Today (2/1/2021), berikut daftar saran dengan beberapa tips menghemat uang yang direkomendasikan oleh perencana dan penasihat keuangan ternama.

1. Kurangi pengeluaran.

Sama seperti mengurangi ukuran pinggang yang baik untuk kesehatan Anda, mengurangi lemak dalam anggaran bulanan adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan dana darurat. Tujuan utama harus untuk membangun biaya hidup cadangan enam bulan. Tapi seperti diet, itu membutuhkan disiplin.

"Tinjau setiap pengeluaran yang Anda miliki dan tanyakan pada diri Anda. Dapatkah kita menghilangkan atau mengurangi sebagian pengeluaran. Contoh, pengeluaran hewan peliharaannya membuat kesal, makan di luar atau memesan. Itu bisa bertambah dengan cepat," kata Philip Palumbo, pendiri dan CEO Palumbo Wealth Management.

2. Bayar diri Anda sendiri dulu.

Saat gajian tiba, uang cenderung menghilang dengan cepat. Jadi, gunakan tabungan Anda secara autopilot. Siapkan setoran otomatis yang memindahkan uang langsung dari gaji Anda ke rekening tabungan Anda, kata Diahann Lassus, presiden Lassus Wherley, bagian dari Peapack Private Wealth Management. 

"Bayar dirimu dulu, sebelum uang itu menghilang," kata Lassus.

3. Bebaskan diri dari tuduhan "berulang".

Cathy Curtis, pendiri dan CEO Curtis Financial Planning menyampaikan untuk teliti pernyataan kartu kredit Anda dan identifikasi serta batalkan pengeluaran berulang untuk layanan yang tidak lagi Anda gunakan, seperti langganan majalah atau streaming video atau program penurunan berat badan.

cara mengatur keuangan  pribadi, tips keuangan 2021
cara mengatur keuangan pribadi, tips keuangan 2021

4. Tingkatkan deductible asuransi Anda.

John Campbell, Wakil Presiden senior dan ahli strategi kekayaan senior di US Bank Private Wealth Management menyampaikan jika kita mampu membayar biaya sendiri yang lebih tinggi saat terjadi klaim, pertimbangkan untuk pengurangan pada polis asuransi rumah dan mobil Anda. 

Anda juga dapat menghemat uang dengan menggabungkan polis, atau memiliki sejumlah jenis polis asuransi, seperti pemilik rumah dan mobil, pada operator yang sama. "Tidak ada ruginya untuk mencari-cari kesepakatan yang lebih baik di sekitar waktu pembaruan juga," tuturnya.

5. Simpan kenaikan gaji atau bonus Anda.

Rejeki nomplok, seperti kenaikan gaji atau bonus, sangat bagus. Tetapi jika Anda membelanjakan semuanya, itu tidak terlalu bagus untuk rekening tabungan Anda. 

"Cara mengatasinya? Jangan menyesuaikan pengeluaran Anda ke atas agar sesuai dengan arus pendapatan Anda yang lebih tinggi," kata Jeremy Staadeker, mitra pendiri di The Staadeker Wealth Management Group. 

Saat menerima kenaikan gaji atau rejeki nomplok lainnya pertimbangkan untuk memprioritaskan menabung atau membayar hutang.

6. Jangan menunggu sampai Anda tidak memiliki utang untuk ditabung.

Meskipun utang tidak diragukan lagi merupakan kata yang buruk. "Menunda menabung sampai Anda bebas dari utang adalah sebuah kesalahan," kata Matt Nadeau, penasihat kekayaan di Piershale Financial Group. 

Menunda menabung, katanya, berarti investor kehilangan komponen kunci dari tabungan: waktu. Seiring waktu, uang Anda memiliki kemampuan untuk menghasilkan bunga atas bunga sebelumnya.

7. Hemat untuk tinggal di rumah.

Pesanan tinggal di rumah terkait pandemi dan peningkatan terkait jumlah orang yang bekerja dari rumah telah mengakibatkan banyak biaya yang tidak perlu lagi dibayar. 

Misalnya, jika Anda tidak lagi membayar biaya perjalanan atau untuk makan di luar atau untuk liburan luar negeri tahunan. "Salurkan pengeluaran satu kali itu ke dalam tabungan," sebut Jeffrey Corliss, direktur pelaksana dan mitra di RDM Financial Group di Hightower.

8. Sesuaikan pemotongan gaji Anda.

Jika Anda secara teratur mendapatkan pengembalian pajak, itu lebih baik daripada berhutang. Tetapi itu juga berarti Anda memiliki terlalu banyak gaji yang dipotong dari gaji untuk menutupi beban pajak Anda. 

"Anda dapat meningkatkan arus kas dengan menyesuaikan pemotongan pajak untuk memastikan bahwa Anda tidak mengambil lebih banyak dari setiap cek untuk pajak daripada yang diperlukan," kata Michael DiNuzzo, penasihat keuangan di DiNuzzo Wealth Management.

tips investasi, mengatur keuangan 2021,
tips investasi, mengatur keuangan 2021,

9. Simpan di mana pun Anda bisa.

"Setiap kuartal atau uang yang dapat Anda hemat, di mana pun Anda dapat menemukan tabungan, maka itu dapat bertambah dengan cepat," kata Cynthia Pruemm, pendiri dan CEO SIS Financial Group. 

Pertimbangkan untuk mendaftar di program seperti Acorns, yang menyapu uang receh Anda pada transaksi kartu debit atau kredit ke dalam rekening tabungan. 

Atau hemat belanja dengan melakukan pembelian di situs online seperti Rakuten dan Ibotta, yang memberi Anda pengembalian dana untuk berbelanja di situs mereka. 

Anda juga dapat menghabiskan lebih sedikit dengan mengganti layanan TV kabel yang mahal untuk layanan streaming yang lebih murah seperti Roku, kata Pruemm. 

"Menyimpan uang setiap bulan bisa lebih mudah dari yang Anda pikirkan," katanya.

10. Membiayai kembali rumah Anda.

"Jika Anda belum memanfaatkan rekor suku bunga hipotek terendah, pertimbangkan untuk membiayai kembali pinjaman rumah Anda ke tingkat yang lebih rendah," kata Ryan Graham, penasihat keuangan senior di Altfest Personal Wealth Management. 

Bahkan penurunan 1% dalam suku bunga Anda dapat menghasilkan penghematan bunga yang sangat material selama masa cicilan. 

11. Menghabiskan lebih sedikit dari yang Anda hasilkan.

"Tip ini adalah matematika dasar. Jika Anda membelanjakan lebih sedikit daripada yang Anda bawa pulang setiap bulan sebagai gaji, Anda akan dapat menabung lebih banyak, kata Jonathan Howard, penasihat keuangan SeaCure Advisors. 

Satu-satunya aspek terpenting dari keamanan finansial adalah pengeluaran lebih sedikit daripada yang dihasilkan. 

"Ini juga satu-satunya strategi membangun kekayaan yang sepenuhnya berada dalam kendali Anda."

12. Kecilkan harta benda Anda.

"Membersihkan bukan hanya cara untuk menyingkirkan hal-hal yang mengacaukan hidup Anda, tetapi juga cara untuk mengumpulkan uang, kata Melody Juge, pendiri Life Income Management. 

Bahkan jika ada yang berencana untuk tinggal di rumah saat ini, lakukan pembersihan kamar-demi-kamar. "Lakukan obral garasi dan gunakan uang itu untuk (meningkatkan) dana darurat Anda."

13. Jangan membeli gadget terbaru.

"Membeli smartphone atau gadget elektronik terbaru mungkin memberi Anda hak untuk menyombongkan diri, tetapi juga akan merusak dompet Anda," kata Nolan Baker, pendiri Kantor Pusat Pensiun Amerika. 

Sebuah ponsel atau komputer dua atau tiga model lebih tua dari versi terbaru bisa 70% lebih murah dan masih upgrade besar dari apa yang Anda miliki, kata Baker. 

14. Beli roda bekas.

"Salah satu cara untuk mengurangi tagihan bulanan Anda adalah dengan mengecilkan pembayaran otomatis," kata Palumbo. 

Itu berarti menjauhi membeli kendaraan baru, yang kehilangan 20% hingga 30% nilainya di tahun pertama, atau tidak menyewa kendaraan yang memaksa Anda untuk mendapatkan sewa baru saat jangka waktu saat ini berakhir. Membeli mobil bekas adalah kesepakatan yang lebih baik.

"Pertimbangkan untuk membeli mobil yang berumur dua sampai tiga tahun dan mendanai dengan harga rendah."

cara atur keuangan, tips hindari utang
cara atur keuangan, tips hindari utang

15.  Beri label peringatan pada kartu kredit Anda.

Beri label : Perhatian, mungkin berbahaya bagi kekayaan Anda. Menjaga risiko kartu kredit di depan dan di tengah adalah cara terbaik untuk mengontrol pengeluaran, katanya. "Pikirkan sebelum Anda menyerang," kata Lassus.

16. Hindari pengeluaran yang merusak anggaran.

Mengurangi utang adalah tentang mengendalikan biaya. "Tetapi Anda tidak dapat mengontrol impuls pengeluaran jika tidak ada anggaran untuk membandingkan pengeluaran Anda, kata Staadeker. 

Buat anggaran lalu memantaunya setiap beberapa bulan sehingga Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk mengontrol biaya dan meningkatkan penghematan.

17.  Memprioritaskan pembayaran utang.

Satu-satunya cara untuk menurunkan hutang adalah dengan melunasi hutang yang ada. "Kembangkan rencana untuk membayar hutang," kata Staadeker. 

Memulihkan kembali utang kartu kredit dengan suku bunga setinggi langit harus menjadi bagian atas daftar tugas Anda. Salah satu strateginya, saran Staadeker, adalah membayar utang dengan tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan membayar bunga lebih sedikit. 

Setelah ini lunas, turun tangga ke utang paling mahal berikutnya. Adapun, strategi lainnya adalah melunasi utang terkecil Anda terlebih dahulu, sehingga Anda merasa telah berhasil dan lebih termotivasi untuk melunasi hutang lainnya.

18.  Konsolidasi utang Anda.

Jika Anda melunasi kartu kredit dan pinjaman serta utang lainnya setiap bulan, Anda mungkin dapat mengkonsolidasikan semua uutang tersebut menjadi satu pinjaman dengan pembayaran bulanan yang lebih rendah. 

Pinjaman konsolidasi utang sering kali datang dengan suku bunga tetap yang lebih rendah daripada biaya pinjaman pada utang lain. 

Menggulirkan sejumlah utang menjadi satu pembayaran dapat menghemat bunga, dan juga memberikan arus kas tambahan setiap bulan untuk membayar hutang lainnya.

19. Manfaatkan kartu kredit 0%.

Dengan suku bunga rata-rata pada kartu kredit mendekati 18%, menurut WalletHub,

"Anda dapat menghemat uang dengan mengambil keuntungan dari 0% penawaran kartu kredit perkenalan," kata Pruemm. 

Dengan begitu, seluruh pembayaran Anda akan menjadi pokok (atau jumlah yang Anda hutangkan), bukan pokok dan bunga.

20. Tentukan zona bebas utang 2021.

"Buat komitmen untuk menghindari timbulnya utang baru di tahun 2021," kata John Mantia, salah satu pendiri PARCO (Pensioned American Retirement Co.). 

Jika Anda tidak mengambil utang baru tahun ini, dan membayar hutang yang sudah dimiliki, utang Anda akan turun. 

"Jika Anda dapat fokus untuk hidup sesuai kemampuan Anda, pada dasarnya Anda akan menghentikan pendarahan," kata Mantia.

21. Mulailah pekerjaan sampingan.

Salah satu cara untuk mengurangi hutang adalah menghasilkan lebih banyak uang dan menggunakan uang tunai ekstra untuk melunasi tagihan-tagihan yang mengganggu itu.

"2021 bisa menjadi tahun untuk mulai mengembangkan bisnis sampingan. Diversifikasi adalah kata kunci dalam lingkaran keuangan. Menciptakan diversifikasi pendapatan adalah bentuk lain dari diversifikasi," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper