Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Nama Terpilih, Achmad Yurianto Berpeluang jadi Ketua Dewas BPJS Kesehatan

Terdapat tiga nama yang sedang mengejar dua kursi dewan pengawas BPJS Kesehatan, yakni Alexander Zulkarnain, Regina Marina Wiwieng, dan Achmad Yurianto.
Karyawan beraktivitas di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak lima nama telah mengisi kursi Dewan Pengawas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dari total tujuh kursi yang tersedia. Dua kursi lainnya akan diisi perwakilan pemerintah dan salah satunya dinilai akan menduduki jabatan Ketua Dewan Pengawas.

Komisi IX DPR telah menetapkan lima nama calon Dewan Pengawas BPJS Kesehatan dalam rapat pengambilan keputusan, Kamis (28/1/2021). Keputusan itu diambil setelah pelaksanaan fit and proper test terhadap sepuluh kandidat yang dipilih panitia seleksi pada Senin (25/1/2021) dan Selasa (26/1/2021).

"Hasil keputusan Komisi IX DPR terhadap uji kelayakan [fit and proper test] Calon Dewan Pengawas BPJS Kesehatan dan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan periode 2021–2026 berdasarkan musyawarah dan mufakat," tertulis dalam dokumen Laporan Singkat Rapat Komisi IX yang diperoleh Bisnis pada Jumat (29/1/2021).

Selain kelima nama tersebut, terdapat dua kursi lain Dewan Pengawas BPJS Kesehatan yang akan diisi perwakilan pemerintah. Terdapat tiga nama yang sedang mengejar dua kursi tersebut, yakni Alexander Zulkarnain, Regina Marina Wiwieng, dan Achmad Yurianto.

Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar menilai bahwa Regina dan Yurianto berpotensi menduduki kursi tersebut. Namun, keputusan akhir ada di tangan Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Timboel pun menilai bahwa Yurianto memiliki kans yang besar untuk menjadi Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan. Salah satu alasannya karena Yurianto, yang sebelumnya menjadi Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, merupakan perwakilan dari Kementerian Kesehatan.

"Saya kira tepat dari Kementerian Kesehatan agar komunikasi dengan Menteri Kesehatan lebih intens lagi, khususnya untuk regulasi-regulasi yang akan dibuat," ujar Timboel kepada Bisnis, Jumat (29/1/2021).

Seperti diketahui, Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan saat ini, Chairul Radjab Nasution juga berasal dari Kementerian Kesehatan. Hal itu pun menjadi dasar bagi sejumlah pihak saat menilai Yurianto memiliki kans besar.

Berikut daftar nama calon Dewan Pengawas BPJS Kesehatan yang telah dipilih DPR dalam dokumen yang diperoleh Bisnis:

Unsur Pekerja:

1. Indra Yana

2. Siruaya Utamawan

Unsur Pemberi Kerja:

1. Iftida Yasar

2. Inda Deryanne Hasman

Unsur Tokoh Masyarakat:

1. Ibnu Naser Arrohimi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper