Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dear Pelaku UMKM, Pengelolaan Arus Kas Itu Penting! Ini Alasannya

Masih banyak pelaku UMKM yang memiliki masalah dalam hal mengatur kelancaran cash-flow, salah satunya dari rekening dana pribadi dan rekening bisnis yang bercampur.
Perajin menatah tembaga saat pembuatan kerajinan tembaga motif gunungan wayang di Tumang, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/9/2018)./ANTARA-Aloysius Jarot Nugroho
Perajin menatah tembaga saat pembuatan kerajinan tembaga motif gunungan wayang di Tumang, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/9/2018)./ANTARA-Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perlu memanfaatkan berbagai platform digital untuk menjaga arus kas demi kestabilan bisnis di masa pandemi.

Karena dengan memiliki pengelolaan arus kas yang baik, UMKM tidak hanya dapat menjaga stabilitas bisnisnya, tetapi berbagai peluang pengembangan bisnis pun dapat diperoleh dengan lebih mudah.

Bernard Arifin, selaku Chief Operating Officer PT Lunaria Annua Teknologi atau KoinWorks, menjelaskan pengelolaan keuangan yang baik seperti salah satunya dengan mengelola & meningkatkan kelancaran cash-flow bisnis dapat memberikan beberapa keuntungan.

Seperti memprediksi terjadinya kondisi shortfall pada bisnis atau sebagai dasar pengambilan keputusan untuk hal-hal terkait bisnis.

"Juga meningkatkan reputasi perusahaan terutama apabila memiliki rencana untuk mengembangkan usaha baik melalui pengajuan kredit maupun kerja sama atau kolaborasi usaha," ujarnya, Kamis (4/2/2021).

Dalam diskusi virtual bersama KoinWorks, mentor usaha digital sekaligus pelaku UKM Jonathan Kho atau akrab disapa Om Botak pun mengungkap hal serupa.

Masih banyak pelaku UKM yang memiliki masalah dalam hal mengatur kelancaran cash-flow salah satunya diakibatkan dari masih seringnya mereka mencampur antara rekening dana pribadi juga rekening bisnisnya.

Padahal, memisahkan dana pribadi dan bisnis merupakan hal yang sangat krusial dalam pengelolaan keuangan bisnis, sehingga setiap pemasukan dan pengeluaran dapat tercatat serta terkelola dengan rapi dan memudahkan saat melakukan analisa kondisi bisnis.

KoinWorks pun menilai tantangan lain yang kerap dihadapi oleh UKM dalam mengelola kelancaran arus kasnya juga disebabkan dari tertunda atau terlambatnya pembayaran invoice dari pelanggan.

Hal ini menyebabkan uang yang telah dikeluarkan sebagai modal usaha untuk memenuhi pesanan dari pelanggan tidak dapat dengan segera kembali digunakan untuk kebutuhan usaha.

Dalam hal ini, berbagai platform P2P Lending yang menyediakan pembiayaan produktif seperti KoinP2P di Super Financial Apps KoinWorks, yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UKM untuk memperoleh alternatif pembiayaan melalui skema invoice financing, seperti salah satunya melalui produk KoinInvoice dari KoinP2P.

"Invoice financing sendiri merupakan skema pembiayaan yang memanfaatkan invoice sebagai jaminan. Melalui skema ini, para pelaku UKM bisa mendapatkan fleksibilitas lebih dalam mengelola arus kasnya," tambah Bernard.

KoinWorks sebagai platform Super Financial App yang fokus menghadirkan berbagai inovasi & solusi finansial bagi para pelaku UKM pun memiliki beberapa produk lain yang dikembangkan dari permasalahan UKM terkait pengelolaan cash-flow bisnis tersebut.

Salah satunya melalui produk KoinGaji yang dikembangkan dari kebutuhan dari para pelaku usaha untuk memberikan tambahan benefit bagi karyawan dengan kemudahan mencairkan gajinya lebih awal atau salary advance, tanpa mengganggu cash-flow perusahaan.

"Terutama apabila total jumlah pengajuan pencairan gaji oleh para karyawannya mencapai nilai yang cukup besar," ungkapnya.

KoinWorks sendiri saat ini juga tengah menyiapkan solusi finansial terbaru bagi para pelaku UKM Indonesia yang memungkinkan para pelaku UKM untuk dapat mengakses layanan keuangan yang terintegrasi & seamless dengan berbagai tambahan manfaat.

"Terutama dalam hal pengelolaan keuangan bisnis, transaksi digital hingga meningkatkan kesempatan UKM untuk memperoleh akses pembiayaan hingga 10 kali lipat, melalui pemanfaatan inovasi terkini," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper