Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPR CIMB Niaga (BNGA) Tumbuh Moncer. Apa Rahasianya?

Bisnis KPR menjadi tulang punggung Bank CIMB Niaga (BNGA) di segmen konsumer.
Kantor Cabang CIMB Niaga.
Kantor Cabang CIMB Niaga.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk. mencatatkan pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) sebesar 5,9 persen secara year on year (yoy) menjadi Rp35,78 triliun pada 2020. Pertumbuhan tersebut melampaui pertumbuhan KPR industri perbankan sebesar 2,8 persen per Desember 2020.

Mortgage & Secured Loan Business Head CIMB Niaga Heintje Mogi mengatakan bisnis KPR menjadi tulang punggung perseroan di segmen konsumer. Namun, pandemi Covid-19 sejak awal tahun lalu menjadi masa yang sulit bagi pelaku bisnis KPR.

Alhasil, sebagian besar pertumbuhan industri perbankan di segmen KPR tercatat flat. Meski begitu, perseroan mampu mencatatkan pertumbuhan yang cukup baik.

Heintje menyebutkan CIMB Niaga membukukan pertumbuhan KPR sebesar 5,9 persen dengan portofolio kredit sebesar Rp35,78 triliun pada 2020. Produk KPR syariah juga meningkat yang tercermin dari porsi syariah menjadi 40 persen pada 2020, dari 37 persen pada 2019.

Meski begitu, pertumbuhan KPR pada tahun lalu masih kalah tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Secara beruntun, CIMB Niaga mencatatkan KPR tumbuh 12 persen pada 2017, 11,2 persen pada 2018, dan 12,5 persen pada 2019.

"Di CIMB, pertumbuhan KPR hampir 6 persen atau dua kali lipat dari market dengan portofolio Rp35,782 triliun," katanya dalam diskusi tentang KPR secara vritual, Kamis (18/3/2021).

Menurutnya, pencapaian ini tidak lepas dari penetrasi market dan strategi bisnis yang diterapkan perseroan sepanjang tahun lalu.

Di antaranya, melalui startegi produk dengan meluncurkan produk dengan bunga pasti yakni fix 3 tahun, 5 tahun, dan 10 tahun. Langkah tersebut cukup berhasil mendorong KPR.

Di samping itu, strategi akuisisi melalui program referral club. Di program ini, CIMB mengajak masyarakat ikut serta sebagai tenaga penjual dan akan mendapatkan komisi.

Dia menyebut pada 2019, rata-rata pencairan KPR dari Referral Club sekitar Rp100 miliar per bulan. Di samping itu, perseroan menerapkan strategi cross selling dan memanfaatkan digitalisasi.

Bank CIMB Niaga pun fokus bekerja sama dengan top developer, yang saat ini telah mencapai 800 developer yang tersebar di seluruh Indonesia. Strategi lainnya, perseroan melakukan coworking space dengan beberapa developer besar dan digitalisasi.

"Strategi 2021, kami akan meluncurkan Octo Friend, di mana semua aplikasi, media informasi, perhitungan kredit bisa dilakukan melalui smartphone," imbuhnya menutup paparan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper