Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramai-Ramai Jadi Bank Digital, Ini Analisis Komisaris Utama Bank Jago Jerry Ng

Pasar perbankan Indonesia masih sangat besar dan bank konvensional masih tetap dapat berkembang dengan model selain digital bank.
Jerry Ng. /Bisnis.com
Jerry Ng. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Komisaris Utama PT Bank Jago Tbk. Jerry Ng berpendapat tak semua bank nasional harus bertanformasi menjadi bank digital.

Menurutnya, pasar perbankan Indonesia masih sangat besar dan bank konvensional masih tetap dapat berkembang dengan model selain digital bank.

"Saya rasa tidak. Saya melihat bahwa tidak semua bank harus menjadi bank digital untuk menjadi sukses. Saya lihat pertama, pasar kita cukup besar. Kuenya besar. Jadi ada banyak sekali kesempatan," katanya dalam webminar Katadata, Selasa (23/3/2021).

Dia menjelaskan apapun strategi yang dipilih bank tanggung dan harus mampu memberikan nilai tambah dan unik bagi nasabah.

"Apa pun strategi yang akan anda pilih, anda harus total, tidak boleh nanggung. Selain itu harus punya bisnis modal yang unik. Kalau hanya menduplikasi, itu very dangerous," katanya.

Lebih lanjut, Jerry bahkan memberi catatan bagi bank besar dalam melakukan tranformasi digitalnya. Menurutnya, transformasi digital banking juga tak boleh serampangan dan buru-buru.

"Yang saya khawatirkan, bank yang sudah mapan bisnis modelnya, dipaksakan jadi bank digital, itu saya rasa open new risk. Mesti hati-hati. Digital bukan hanya kulitnya. Bukan hanya meluncurkan satu app digital bank, lalu berhenti disitu. Mindset harus berubah, way of working harus berubah dan cepat serta berani ambil keputusan," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper