Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan melayani nasabah di salah satu kantor cabang milik PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) di Jakarta, Kamis (10/10/2020). - Bisnis/Dedi Gunawan
Premium

Kabar Baik Asabri dan Pencarian Aset Triliunan Rupiah

29 Maret 2021 | 11:36 WIB
Laporan keuangan tahunan 2020 PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) menjadi angin segar di tengah panjangnya pemeriksaan kasus korupsi perusahaan asuransi itu.

Bisnis.com, JAKARTA — Audit laporan keuangan tahunan 2020 PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) alias Asabri menunjukkan pertumbuhan kinerja. Kabar baik di tengah belum rampungnya pemeriksaan kasus korupsi perusahaan asuransi itu?

Laporan keuangan 2020 memperoleh opini Wajar Tanpa Modifikasian (WTM) dari Kantor Akuntan Publik Amir Abadi Yusuf, Aryanto, Mawar dan Rekan—capaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya dan 2018 yang mendapatkan disclaimer. 

Pelaporannya pun dilakukan dalam waktu yang lebih cepat, hanya 3 bulan. Sementara itu, Asabri butuh waktu hingga 9 bulan untuk merampungkan laporan keuangan 2019, yang baru rilis pada September 2020.

Direktur Utama (Dirut) Asabri Wahyu Suparyono menyatakan pihaknya terus melakukan pembenahan kondisi keuangan, layanan, dan tata kelola perusahaan sepanjang 2020. Hasilnya, nilai aset naik sekitar 10 persen secara year-on-year (yoy) atau setara Rp2,9 triliun. 

Pertumbuhan itu disebut muncul dari strategi investasi yang lebih prudent serta naiknya nilai pasar beberapa aset investasi. 

Asabri belum memaparkan nilai pasti dari jumlah aset 2020. Namun, sebagai perbandingan, dalam dokumen yang diperoleh Bisnis tertulis bahwa nilai aset perseroan pada 2019 (unaudited) senilai Rp30,8 triliun atau turun 35,12 persen secara yoy dari sebelumnya Rp47,5 triliun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top